Example floating
Example floating
Example 728x250
NUSA UTARASANGIHE

Dandes Bisa Dialihkan ke Program Padat Karya

×

Dandes Bisa Dialihkan ke Program Padat Karya

Sebarkan artikel ini

Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes E. Gaghana.

Tahuna, detiKawanua.com – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, mengintruksikan kepada Kepala Desa (Kades) atau Kapitalaung dapat mengalihkan Dana Desa (Dandes) ke program padat karya.

Pemanfaatan program padat karya tersebut dikarenakan Virus Corona Desease (Covid-19), sehingga berdampak pada masyarakat  mengalami banyak kehilangan pekerjaan.

Gaghana mengatakan, terkait penanganan Covid-19 di Kabulaten Kepulauan Sangihe Dandes bisa dialihkan ke program padat karya. Menurut Gaghana, adalah pekerjaan dalam sektor pertanian yaitu tanaman holtikultura. Masyarakat dapat memanfaatkanya dan saat bekerja dapat digaji dari Dandes.

“Terkait hal ini ada surat dari Kementerian Desa dan Transmigrasi untuk pemanfaatan Dandes guna dialihkan ke program padat karya. Dalam terjemahanya padat karya ini di Kabupaten Sangihe adalah bekerja dalam aspek sektor pertanian yakni holtikultura. Supaya masyarakat digaji, misalnya pekerja ada berapa orang didata dan dibayar gajinya dari Dandes, agar pendapatan masyarakat tidak terganggu oleh Covid-19, untuk gajinya tergantung dari kesepakatan masyarakat dengan kepala desanya berapa besar jumlah upah,” ujar Gaghana, Senin (6/4).

Bahkan dijelaskan Gaghana, apabila hingga bulan Mei penyebaran Covid-19 masih belum teratasi. Dirinya menghimbau kepada masyarakat, untuk dapat menanam tanaman yang dapat dipanen dalam jangka pendek.

“Kalau sampai bulan Mei atau Juni kondisi Covid-19 ini masih belum stabil. Kami selaku pemerintah akan mendorong kepada masyarakat untuk menanam tanaman jangka pendek yang langsung dipanen, program inilah yang kita dorong guna memperkuat basis eskonomi masyarakat kita,” kuncinya. (Js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.