139 Siswa SD Se-Minahasa Unjuk Gigi Pada Lomba KSN Tingkat Kabupaten

  • Whatsapp

Minahasa, detiKawanua.com – Sebanyak 139 siswa dari 342 Sekolah Dasar (SD) seminahasa diseleksi dari lomba di tingkat kecamatan untuk mengikuti Kompetisi Saints Nasional (KSN) pada 2 bidang study tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Kecamatan Sonder, Kamis (12/03).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs Riviva Maringka mengatakan semua siswa yang ikut lomba sudah menjalani proses tahapan mulai dari lomba antar siswa juara antar kelas,kemudian diikutkan ke tingkat kecamatan masing masing.

Bacaan Lainnya

“Selektif, para siswa yang Ikut KSN melewati tahapan dari awal,dan hasilnya 239 siswa dari 129 Sekolah diikut sertakan ketingkat selanjutnya yaitu kabupaten,” ujar maringka kepada sejumlah wartawan.

Dirinya menjelaskan 2 kategori bidang study dimaksud yakni Matematika yang diikuti 69 Siswa, sedangkan untuk mata pelajarab Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 70 siswa.

“Jadi setiap kecamatan mengutus siswa juara 1-3 per bidang study, dan rata rata yang hadir 25 kecamatan ikut semua,” urainya.

Mantan Kadisdukcapil ini, berharap dengan keikutsertaan KSN ini para siswa mampu menciptakan semangat rasa percaya diri, juga motivasi dalam menggali potensi dan bakat dikarenakan program kompetisi tersebut merupakan agenda tahunan.

“Jadi setiap tahun sekolah sekolah mempersiapkan siswanya yang berprestasi untuk diikutkan dalam kompetisi,” ujaranya.

“Yang terpenting siswa tersebut boleh menunjukan bakatnya untuk jangan tertutup,tunjukan potensi yang ada,” lanjutnya.

Tahun tahun sebelumnya tambah Maringka,Minahasa juga pernah meraih penghargaan Kompetisi di tingkat Provinsi,oleh sebab itu siswa yang lolos dikabupaten akan ikut ke provinsi.

Meski begitu menurut Maringka, pihaknya tetap optimis kedepan minahasa boleh mengutus siswa ke provinsi dan kalaupun bisa sampai ke tingkat nasional.

“Kami berharap ada prestasi lagi yang lebih baik dari siswa se minahasa yang mampu berkompetisi, dengan harapan akan ketingkat national,” pungkasnya. (Baim)

Pos terkait