Gelar Lounching Pilkada 2020, KPU Boltim Tampilkan ‘Si Bolang dan Si Awang Sebagai Maskot’

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), resmi melaksanakan Launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Kegiatan tersebut, turut dihadiri langsung oleh Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, sekaligus menyaksikan Maskot Pilkada 2020 yang diperkenalkan oleh KPU Boltim, tepat dilapangkan Pondabo Tutuyan, pada Selasa (18/02) malam.

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Irot, mengucapkan selamat datang kepada Komisioner KPU Pusat sudah berkenan hadir, meskipun di tengah-tengah kesibukan yang sangat padat tetap meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan launching Pilkada KPU Boltim. Kata Jamal, kehadiran beliau adalah bentuk apresiasi KPU Pusat terhadap Komisioner KPU Boltim. “Ucapan terima kasih kami, kepada KPU Provinsi serta rekan-rekan Komisioner KPU dari Kabupaten/Kota se-Sulut. Kami merasa bangga sebab, launching Pilkada Boltim tahun 2020 kami katakan sukses karena di hadiri oleh KPU Pusat, KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota,” tutur Jamal.

Bacaan Lainnya

Sementara, Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, KPU akan melaunching semua tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati meskipum sebelumnya tahapan-tahapan sudah dilaksanakan. “Saat ini kita akan melaunching semua tahapan pemilihan Bupati. Mulai dari rekrutmen badan Ed Hoc, PPS,” terang Saputra.

Menurutnya, pada prinsipnya Pilkada 2020 ini merupakan Pilkada serentak, yang sebelumnya kita melaksanakan pada tahun 2015, 2017, 2018 dan 2020. “Ini rangkaian pilkada yang diatur dalam UU Pilkada,” katanya.

Pihaknya dalam hal ini KPU, lanjut dikatakannya, siap melaksanakan dan menyelenggarakan semua tahapan demi tahapan pilkada dan tentunya harus disuport baik oleh pihak masyatakat, forkompinda hingga Bawaslu. “Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada bantuan atau kerjasama, dari pihak terkait yang terlibat dalam penyelenggara pelaksanaan Pilkada,” ucapnya.

Intinya, KPU sangat terbuka terhadap informasi yang ada kaitannya dengan sistem penyelenggaraan tahapan Pilkada pada tahun 2020 ini. “Jika bapak dan ibu ingin minta informasi, maka bisa datang langsung ke kantor KPU Boltim yang berkaitan dengan tahapan Pilkada. Kami dari KPU selalu terbuka. Masyarakat bisa juga melaporkan, kalau ada potensi kecurangan atau ada potensi pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan calon dan ataupun yang dilakukan oleh penyelengaraan pemilu,” tegas Saputra.

Pada louncing tersebut, Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar SH yang diwakili Asisten 1 Pemda Boltim Priyamos menyampaikan sambutan Bupati dengan harapan bahwa pelaksanaan Pilkada ini dapat berlangsung secara demokrasi dan transparan.

“Kami tahu bersama, ada hal-hal yang patut untuk disikapi dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini. Sebagaimana penyelenggara dituntut harus memilliki integritas, harus memiliki profesional, dan memahami terkait dengan manajemen tata kelola dari pada pelaksanaan pilkada tersebut. tentunya hal ini menjadi tantangan bagi kita semua sehingga kita akan melaksanakan ini secara sinergitas,” harap Priyamos.

Kami memahami bahwa, KPU juga harus di dukung oleh Pemkab. Hal ini diwujudkan melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang sudah diserahkan kepada KPU Boltim.

“Jumlahnya memang tidak maksimal yang diusulkan oleh KPU Boltim. Tetapi, telah melalui tahapan pembahasan-pembahasan. Dari pihak KPU juga memahami kondisi kami, Pemda Boltim. Sehingga, diputuskanlah angka yang memang cukup rasional bagi penyelenggara dalam hal ini KPU Boltim,” urai Priyamos.

Dirinya menambahkan, dengan maskot KPU Boltim yang sudah ditampilkan dengan nama Si Bolang dan Si Awang, ini menandakan bahwa kesiapan KPU Boltim dapat bersama dengan masyarakat mensukseskan Pilkada Boltim 2020 secara aman, tertib dan transparan.

Launching Pilkada Boltim tahun 2020 tersebut, ditandai dengan menyalakan obor yang berbentuk angka 23-09-2020 yang merupakan jadwal hari,tanggal, dan tahun pelaksanaan pilkada secara serentak termasuk di Kabupaten Boltim.

Kegiatan launching Pilkada 2020 ini dihadiri oleh Komisioner KPU RI, Ketua KPU Provinsi Sulut Ardiles Mewoh, bersama para Komisionwr KPU Provinsi Sulut, para Ketua KPU dan Komisioner kabupaten/kota se-Sulut, Bawaslu Boltim, Anggota DPRD Sofyan Alhabsy, Asisten 1 Pemkab Boltim Priyamos, Kaban Kesbangpol Boltim Udel Simbala, dan yang mewakili Kemenag Boltim, Wakapolres Boltim Kompol, Muhammad S. Monoarfa, Perwira penghubung, Sekretaris Dinas BTPSP Stenli Budiman, Camat Tutuyan, para Kepala desa (Sangadi-red) se-Kecamatan Tutuyan, hingga warga masyarakat Boltim. (Fidh)

Pos terkait