Buka Diklat Penanganan Dasar Kegawatdaruratan, Bupati: Kesehatan Merupakan Kebutuhan Dasar Manusia

  • Whatsapp

Bupati Depri Pontoh saat Mengalunkan Tanda Peserta Diklat. /Ist

Bolmut, detiKawanua.com – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), pada Kamis (10/12), Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh membuka acara pendidikan dan dan pelatihan (Diklat) Penanganan Dasar Kegawatdaruratan Jantung (Basic Trauma And Cardiac Life Support) dan Kegawatdaruratan Umum (Emergency Nursing Basic Level) bagi Tenaga Perawat dan Bidan se-Bolmut.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinkes Bolmut dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut ini, bertujuan untuk memberikan kemampuan dan keterampilan kepada para Perawat dan Bidan tentang penanganan kegawatdaruratan serta menciptakan lulusan pelatihan yang kompoten.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Diklat ini. Bupati mengatakan kesehatan merupakan hak asasi dan kebutuhan dasar utama, sehingga Pemerintah selaku penyelenggara Negara wajib menyediakan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat tanpa membedakan status sosial, ras maupun golongan.

“Berdasarkan fakta saat ini menunjukkan bahwa angka kematian di Indonesia yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas maupun kecelakaan di tempat kerja meningkat secara signifikan. Karena itu, ketidaktahuan dan ketidaktepatan serta kesalahan dalam memberikan pertolongan merupakan salah satu faktor penyebab kematian pasien. Sehingga perlu solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut,” terang Bupati.

“Upaya itu sejalan dengan pelaksanaan kegiatan diklat ini, yang diharapkan dapat menciptakan tenaga kesehatan yang memiliki keterampilan dan kemampuan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu dan berkualitas. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Daerah guna memberikan keterampilan dan pemahaman serta keahlian dalam mengidetifikasi kebutuhan pasien gawat darurat secara cepat, tepat dan akurat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, terpenuhinya tenaga dokter, perawat dan bidan pada RSUD merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah untuk senantiasa mendukung terselenggaranya pelayanan Kesehatan yang lebih baik, sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pelayanan yang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya saat ini.

“Saya menegaskan komitmen bersama dengan kesadaran dan ketaatan yang tulus dan ikhlas untuk menata manajemen RSUD, serta saling mendukung dan berkolaborasi secara baik sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Kepada para Petugas RSUD, baik dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lainnya agar terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Acara dihadiri oleh Ketua HIBGABI Provinsi Sulawesi Utara Suwando Loneto SKep MKes CWCCA HBOC CHr, Kepala Kadis Dinkes Bolmut dr Jusnan Mokoginta MARS, MARS, Direktur RSUD Bolmut Sofian Mokoginta SKM, dan para peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan utusan RSUD Bolmut dan Puskesmas se-Bolmut. (Arby Maspeke)

Pos terkait