spot_img

‘Inspirator Penguatan Ekspor Daerah’, Gubernur Olly Raih Merdeka Awards

Sulut, detiKawanua.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey kembali meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional.

Orang nomor satu di Sulut ini baru saja meraih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia dari Kelompok Tempo Media dalam kategori percepatan infrastruktur pada Selasa (29/08) kemarin.

Belum lewat sehari, Olly Dondokambey berhasil meraih apresiasi lainnya yaitu Merdeka Awards dalam kategori Program Penguatan Ekspor Daerah, yang diselenggarakan oleh merdeka.com.

Merdeka Awards diserahkan langsung Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kepada Gubernur Sulut di Jakarta, Rabu (30/8/23).

Usai menerima Merdeka Awards, Olly Dondokambey menegaskan bahwa penghargaan ini mampu memotivasi seluruh kepala daerah di Indonesia untuk memajukan wilayahnya di berbagai sektor pembangunan.

“Harapan saya agar Merdeka Awards ini dapat terus berlanjut sehingga dapat memberikan motivasi-motivasi daerah-daerah untuk bersaing secara sehat dalam memajukan ekonomi di Indonesia dan tentunya Sulawesi Utara,” katanya.

Diketahui, terkait nilai ekspor Sulut pada Juni 2023 tercatat sebesar US$ 81,24 juta sementara impornya senilai US$ 8,62 juta. Neraca Perdagangan Sulawesi Utara Juni 2023 Surplus US$ 72,63 juta.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Sulut jauh di atas nasional. Bahkan pada semester pertama 2023 pertumbuhan ekonomi Sulut tumbuh 5,79 persen. Angka ini jauh di atas nasional yang hanya 5,11 persen.

Merdeka Awards adalah Inspirasi Indonesia. Sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun 2023 adalah ketiga kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan tersebut.

Ada 6 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2023, yaitu : Program Penguatan Ekspor Daerah, Program Desa Wisata, Program Reformasi Birokrasi, Program Inovatif Pendampingan UMKM, Program Inovatif untuk Negeri, Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

Apresiasi ini diberikan kepada Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN, dan sosok inspiratif untuk Indonesia. Mereka telah melakukan inovasi untuk negeri dan menginspirasi.

Apresiasi dan penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi semua pihak agar terus berinovasi dan menginspirasi untuk Indonesia. (*)

Share post:

KOTA MANADO

Gubernur OD Buka Green Job Forum, “Transisi Menuju Ekonomi Hijau dan Biru : Belajar dari Sulut”

Manado, detiKawanua.com - Sulawesi Utara (Sulut) dikenal sebagai provinsi...

20 Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemprov Sulut Resmi dilantik, Ini Pesan Gubernur Olly

Sulut, detiKawanua.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Prof. DR....

“Bantuan Sosial Penyandang Cacat di Talaud diduga di Rampok”, Manumbalang-Pumpodong Mangadu ke ODSK

Sulut, detiKawanua.com - Dengan memboyong ke-dua Anaknya, pasangan Suami-Istri,...

5 PJ Bupati/WaliKota Resmi dilantik, Gubernur Olly Ingatkan Jaga Netralitas Jelang Tahun Politik

Sulut, detiKawanua.com - 5 Penjabat Bupati/WaliKota di 5 Kabupaten/Kota,...