Guna Mempermudah Mempercepat Transaksi Pelayanan Publik, KTP-el Digital Siap Diujicoba Di Bone Bolango

  • Whatsapp

Bone Bolango, detiKawanua.com – Kabupaten Bone Bolango dinilai beruntung, menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang dipercaya diujicobakan penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dalam bentuk digital yang akan melekat pada ponsel masing-masing warga.

KTP-el dalam bentuk digital tersebut, memiliki QR Code. Karena teknologi ini semakin banyak digunakan dan lebih praktis. Kabar baik ini disampaikan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bone Bolango, Oktavianus Rahman, pada Selasa (11/1/2022).

Bacaan Lainnya

Kata dia, bahwa saat ini, Kemendagri tengah melakukan ujicoba menerbitkan KTP elektronik (KTP-el) berbentuk digital dimana, tujuan dibuatnya KTP-el digital atau identitas digital itu, yakni untuk mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital. “Bone Bolango menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang akan mengunakan KTP-el digital ini,” jelas Oktavianus.

Lanjut ia katakan, kenapa Bone Bolango masuk menjadi salah-satu daerah yang menerapkan ujicaba KTP-el digital ini, karena Bone Bolango sudah siap sistemnya. “Kemarin, Bone Bolango masuk pilot projek SIAK Terpusat 2021, sehingganya dari segi infrastruktur sudah sangat siap,” terang, mantan Kabag Humas Setda Kabupaten Bone Bolango itu.

Ia menambahkan, bahwa terkait, kapan dimulai, memang belum ada informasi lanjutan. Tapi Kabupaten Bone Bolango sudah sangat siap.

Sementara itu, Kadis menjelaskan nantinya masyarakat diberikan dua pilihan dalam pengurusan KTP. Apakah mau mengurus KTP-el digital atau fisik “Dimana untuk syarat digital, harus punya smartphone” beber, Oktavianus

(Tim IKP/Humas/Kominfo/Mfd)

Pos terkait