Demi Kebutuhan Informasi Masyarakat, Diskominfo Lahirkan Inovasi Aplikasi Open Data

  • Whatsapp

Bonebol, detikawanua.com – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bone Bolango melahirkan sebuah inovasi guna menciptakaan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Inovasi berbentuk sebuah aplikasi yang diberi nama Open Data Bone Bolango.

Kehadiran aplikasi Open Data Bone Bolango ini, pun disosialisasikan melalui workshop yang dibuka secara resmi Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang diwakili oleh Asisten II Setda Bone Bolango, Jusni Bolilio, dan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bone Bolango, di Ruang Restorasi Kantor Bupati, Senin (10/1/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Jusni Bolilio mengapresiasi lahirnya aplikasi ini. Jusni yang juga Plt. Kadis Kominfo ini, informasi kini menjadi kebutuhan semua masyarakat dan sudah menjadi Hak Asasi Manusiia. “Olehnya, Open Data Bone Bolango ini hadir untuk menjawab kebutuhan informasi ditengah masyarakat,” ujar Jusni.

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam memberikan informasi kepada masyarakat, aplikasi Open Data Bone Bolango ini berpedoman pada 5 asas diantaranya transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, dan keseimbangan hak dan kewajiban. Sehingga aplikasi Open Data Bone Bolango ini, diharapkan dapat memberikan data yang akurat dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah.

“Sehingga saya berharap, kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara workshop dengan sungguh-sungguh dan bila belum memahami, untuk tidak segan bertanya kepada narasumber,” harap Jusni.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Diskominfo Bone Bolango, Dedy Irfandi Arifin mengatakan lahirnya aplikasi Open Data Bone Bolango ini, berkat kerjasama antara pihaknya bersama mahasiswa PPL Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di tahun 2021 kemarin. “Sehingga, aplikasi ini lahir tanpa pengeluaran anggaran apapun,” terang, Kabid Dedy.

Diketahui, Pelaksanaan Workshop Open Data Bone Bolango tersebut, dibuka secara resmi Bupati Bone Bolango, Hamim Pou yang diwakili oleh Asisten II Setda Bone Bolango, Jusni Bolilio, dan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bone Bolango, di Ruang Restorasi Kantor Bupati, Senin (10/1/2022). (Tim IKP/Humas/Kominfo//Mfd)

Pos terkait