Ide dan Lobi Gubernur Olly, Presiden ‘Perintahkan’ Sulut Tuan Rumah 3 Iven Besar Ini

  • Whatsapp

Sulut, detiKawanua.com – Bulan April nanti Sulawesi Utara (Sulut) di Manado ditunjuk Presiden RI Joko Widodo untuk menggelar tiga event besar tingkat nasional yang bakal dihadiri ribuan peserta. Adapun tiga event tersebut yakni, Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) 1 April, Paskah Nasional pada 18 April dan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi FKUB dari tanggal 14 hingga 19 April.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw seraya mengajak seluruh elemen masyarakat Sulut untuk memberikan rasa nyaman bagi para peserta dari berbagai belahan nusantara bahkan dunia, yang akan mengikuti kegiatan dimaksud.

Bacaan Lainnya

“Mari kita ciptakan dan berikan rasa nyaman bagi para peserta yang datang mengikuti tiga iven besar di Sulut pada bulan April nanti. Yakinkan para undangan bahwa di Sulut tetap aman dan nyaman, janganlah panik dengan issu Virus Corona, karena Sulut masih aman dari virus terswbut,” ajak Wagub saat memimpin rapat persiapan tiga event besar yang di gelar di Kantor Gubernur pada Kamis baru-baru ini.

Adapun untuk semua event besar yang nantinya juga dikemas dalam Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) atau terkait industri pariwisata atau pameran dalam kelompok besar yang telah direncanakan dengan matang itu menurut Kandouw, merupakan ide dari Gubernur.

“Ini ide pak Gubernur untuk kegiatan-kegiatan MICE di Sulut. Bak gayung bersambut, semua acara MICE, Presiden bilang buat di Manado (Sulut),” ujar dia dengan membeberkan bahkan ada sejumlah kegiatan kementerian yang dibuat di Sulut atas instruksi Presiden Joko Widodo.

“Diam-diam ada dua kementrian bikin kegiatan di sini. Bahkan menterinya datang langsung ke Sulut, seperti Menteri PUPR Basuki dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo,” terang Kandouw yang saat itu didampingi Sekprov Edwin Silangen, Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa, Asisten III Asiano Gammy Kawatu, serta dihadiri para pejabat teras Pemprov Sulut serta stakeholder terkait.

Di satu sisi lainya pula, Wagub menilai kegiatan MICE di Sulut itu nantinya dapat mendongkrak dan menggairahkan industri pariwisata di daerah.

“Keinginan pak Presiden dan roadmap pak Gubernur, di mana saat ini turis China belum bisa kemari. Maka dengan acara-acara besar dibuat di Sulut, justru akan menggairahkan kembali dunia restoran, hotel dan lainnya,” kata mantan Ketua DPRD Sulut itu dengan harapan agar semua kegiatan, baik skala nasional maupun internasional yang digelar di Sulut berjalan lancar, aman dan sukses.

“Saya percaya bukan pertama kali kita bikin acara seperti ini. Diminta pak Gubernur harus sukses acaranya, sukses pesertanya, sukses misinya dan substansinya,” tandas Wagub. (mild70/*)

Pos terkait