Terapkan Prokes, DPRD Minsel Gelar Paripurna yang dihadiri Bupati FDW dan Wabup PYR

  • Whatsapp

Minsel, detiKawanua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan menggelar Rapat Paripurna di pimpin langsung oleh Wakil Ketua Steven Lumowa bersama Paulman Runtuwene dan juga diikuti langsung lewat Vidio Confrence (Vidcon) oleh Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, bertempat di Gedung DPRD Minsel Desa Teep, Kecamatan Amurang Barat , Rabu (10/03/2021).

Dalam Rapat Paripurna ini dua agenda penting yang telah ditetapkan  yaitu

Bacaan Lainnya

I.) Penyampaian Pokok-Pokok Pikiran ( Pokir ) DPRD; dan

II.) Pembicaraan Tingkat Ke-Satu terhadap Ranperda tentang :

1. Perubahan Perda 3/ 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kab. Minsel Tahun 2014-2034

2. Penyelenggaraan Kearsipan

3. Pengelolaan Barang Milik Daerah

4. Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Minsel Stevanus Lumowa Menyampaikan beberapa Ranperda penting menjadi perhatian Pemerintahan baik Eksekutif dan Legislatif.

“Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Pokok-Pokok Pikiran DPRD dan Pembicaraan Tingkat ke Satu Terhadap Rancangan Perda Kabupaten Minahasa Selatan tentang Perubahan peraturan daerah Nomor 3 tahun 2014 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten Minahasa Selatan tahun 2014 – 2034 harus menjadi perhatian bersama,” Imbuh Stevanus Lumowa

”Hal lain seperti Penyelenggaraan kearsipan, Pengelolaan barang milik daerah dan penerapan disiplin, Penegakan hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona virus disease 2019. Pokok-pokok pikiran DPRD Minsel yang disampaikan kepada pemerintah daerah harus tepat waktu agar pembahasan bisa tepat waktu berkaitan dengan pembahasan RKPD, RPJMD Kabupaten Minsel,” tutup Lumowa.

Bupati Franky Donny Wongkar SH dalam sambutannya berharap ada sinergitas yang baik antara eksekutif dan Legislatif dalam membahas Pokir dan beberapa Ranperda di Tahun ini agar segera dibahas bersama.

Paripurna yang diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Jenny J Tumbuan melalui Vidcon ini dilanjutkan dengan pembentukan Pansus Ranperda dengan Susunan Pansus Sebagai berikut :

l. Pembahasan Ranperda Perubahan peraturan daerah Nomor 3 tahun 2014 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten Minahasa Selatan tahun 2014 – 2034, RTRW dan Pansus Pembahasan Ranperda Penerapan disiplin, Penegakan hukum protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona virus disease 2019 Sebagai berikut;

1) Ketua : Rommy Pondaag

2) Wakil : Ketua Roby Sangkoy

3) Sekretaris : Abdul Salman Katili

ll. Pansus Pembahasan Ranperda Pengelolaan barang milik daerah sbb :

1) Ketua : Julian Mandey

2) Wakil Ketua : Royke Kaloh

3) Sekretaris : Orwin Tengor

lll. Pansus Pembahasan Ranperda

Penyelenggaraan kearsipan sbb :

1) Ketua : Jacklyn Koloay

2) Wakil Ketua : Wulan Wungow

3) Sekretaris : OlvianevTimbuleng

Adapun Hadir dalam rapat paripurna yang digelar oleh DPRD Minsel yaitu, Bupati Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati Minsel Petra Yani Rembang MTh , Forkopimda Kabupaten Minsel, para asisten  , kepala OPD serta  Camat Se-Minsel dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

(Vandytrisno)

Pos terkait