Dinkes Boltim Gelar Pengobatan Katarak Secara Gratis

  • Whatsapp
Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi.
Boltim, detiKawanua.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pengobatan dan operasi katarak secara gratis di Pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) kecamatan Kotabunan, pada Jumat (22/05) lalu.
Terkait pengobatan secara gratis tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Boltim, Eko Marsidi mengungkapkan, operasi katarak dilaksanakan atas dasar kerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan Yayasan Kana Jakarta, “dari total  20 dokter yang ada, 12 diantaranya dari Manado dan delapan orang adalah spesialis mata,” terangnya.
Dijelaskannya, sebelum dioperasi pihaknya terlebih dahulu telah melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengecekkan tekanan darah. Hal ini sebagai syarat agar pasien bisa dioperasi, “jika tekanan darah tinggi hanya diberikan obat tak bisa dioperasi. setelah dioperasi kita berikan obat terutama tetes mata yang harganya tergolong mahal,” ujarnya.
Dirinya berharap pengobatan gratis tersebut bisa meringankan beban warga miskin yang tak mampu mengobati penyakit mata atau katarak, “kalau berobat sendiri paling murah biayanya Rp 3,5 juta. dan kalau pakai lensa sekitar Rp 1,5 juta, belum lagi obat-obatan,” katanya.
Menurutnya, kegiatan yang rutin digelar setiap Tahun ini selalu diikuti ratusan warga penderita katarak yang didominasi oleh kaum lanjut usia (lansia), “rencananya juga akan dilaksanakan di Puskemas Modayag, secara keseluruhan kita tergetkan 150 orang yang dilayani dalam operasi katarak ini,” tutup Eko.
Sementara itu, salah-satu pasien usia lanjut, seorang nenek asal Desa Tutuyan III, Piha Latonda (65) mengaku sejak lama dirinya berharap bisa mendapat pengobatan gratis terhadap matanya, “mata bagian kiri saya yang sudah parah, tak bisa melihat. hanya mata bagian kanan saja,” tuturnya, saat di Puskesmas Kotabunan. (Fidh)

Pos terkait