Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

16 Peserta UKW Kabupaten Boltim Dinyatakan Lulus Kompeten

Pembacaan Hasil Pengumuman UKW Angkatan ke-22.

Boltim, detiKawanua.com - Selama dua hari wartawan biro Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim)  mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tepat di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara (Sulut), Manado.

Usai melaksanakan uji kompetensi, akhirnya 16 peserta UKW dinyatakan lulus kompeten, pada Sabtu (9/11) kemarin.

Hasil pengumuman UKW tersebut, dibacakan langsung oleh salah satu penguji Ismet Rauf, bahwa dari 16 peserta yang mengikuti UKW 2 kelas jenjang Muda diikuti oleh 12 peserta, dan 1 kelas Madya diikuti 4 peserta yang semuanya dinyatakan kompeten.

"Jumlah peserta ada 16 orang, yakni 12 peserta kelas Muda dan 4 peserta kelas Madya, 100% telah lulus berkompeten," jelas Ismet, saat penutupan UKW.

Dirinya juga mengatakan, sampai saat ini UKW PWI tingkat Nasional sudah masuk ke 425 angkatan. Jumlah kompetensi pun sebanyak 11,367 wartawan.

"Ditambah dengan UKW Sulut angkatan ke-22 sebanyak 16 wartawan, jadi total yang ada sekarang menjadi 11.383 wartawan berkompeten," ungkap Ismet.

Sementara itu, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan mengaku sangat terharu, karena yang ikut UKW semuanya kompeten.

"Saya terharu, saat mendengar teman-teman PWI Kabupaten Boltim dinyatakan lulus kompeten semua," ujar Voucke, yang juga wartawan Media Indonesia.

Ketua PWI Boltim Faruk Langaru juga menuturkan, bahwa wartawan yang sudah dinyatakan kompeten melalui uji kompetensi dituntut untuk selalu menjaga kehormatan profesinya.

"Bagi yang sudah kompeten, harus menjaga etika profesi selaku wartawan," ucap Faruk.

Dia menambahkan, setiap anggota PWI yang sudah dinyatakan kompeten setelah menempuh UKW, harus terpanggil untuk selalu bersikap dan bertindak profesional.

"Dengan bertindak profesional, berarti anggota PWI tidak hanya menjaga marwah atau kehormatan profesi saja, tetapi sudah berkontribusi menjaga harga diri bangsa Indonesia," terangnya.

Diketahui, peserta UKW Madya diikuti Ketua PWI Boltim Faruk Langaru, Sekertaris PWI Boltim Iskandar Zulkarnain, Ketua PWI  Tomohon John Paransi, dan Ketua PWI Kotamobagu Gunadi Mondo.

Sementara untuk UKW Muda, pesertanya yakni Hidayat Vay Lasambu, Gunawan Mamonto, Abdi Mokodongan, Mufid Faris, Yaman Igirisa, Syaban Korompot, Eco Mamangkai, Chindi Limo, Matt Rey Kartorejo, Agung Mokodompit, Rifky Palengkahu, Han Hendra Kiu. 

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Minggu, 10 November 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional