Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Perindag Provinsi Gelar Bimbingan Teknis Bambu Batik

Tahuna, detikawanua.com - Pengrajin bambu batik di Kabupaten Kepulauan Sangihe mulai mendapatkan irama dalam meningkatkan ekonomi dari hasil kerajinan tangannya. Oleh karenaya bimbingan teknis kerajinan bambu batik bagi wirausaha baru bagi Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi perhatian serius pemerintah daerah dan provinsi. Dalam berbagai ivent di tiap daerah,kerajinan bambj batik ini mulai diminati dan mendapat orderan yang cukup lumayan,sehingga beberapa pengrajin harus menambah kreatifitasnya dalam memenuhi permintaan pasar.

Kepala Bidang Fasilitas Produk Industri Kecil Menengah Alwi Ponto SE Msi saat membuka kegiatan Bimtek di hotel madina (10/10) akhir pekan lalu menyatakan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara sangat berpengaruh dari segala bentuk hasil produk IKM yang ada di Sangihe.

"Angka pertumbuhan ekonomi Sangihe sangat baik dibandingkan daerah lain,contoh kecilnya saja dari muatan kapal yang tiap hari menuju manado selalu ada golbox ikan berbagai jenis. Untuk ekonomi sangihe sangat berpengaruh terhadap Sulut dicatat produk dari kepulauan ini sangat besar dan sangihe sebagai kabupaten yang sedang bergerak maju patut bersyukur dan memiliki pimpinan daerah dan kadis yg proaktif dalam membangun sangihe,"jelasnya.

Lanjut dikatakannya dipilihnya Sangihe mewakili Sulut di acara Dekranas dan ditetapkan sebagai Kabupaten Award dengan produk unggulannya menjadi perhatian pemerintah pusat dengan mengalirnya Dana Alokasi Khusus (DAK) di tahun ini dan tahun depan yang jumlahnya melebihi Kabupaten/Kota lain.

"Karena banyaknya produk andalan yang pemerintah daerah kembangkan,kami sangat mendukung dan pemerintah pusat juga telah mengelontorkan anggaran sebagai penunjang setiap kegiatan. Dari semua kegiatan perindag Provinsi kami rencanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Sangihe dalam wakti dekat ini," ujar Alwi.

Ditempat yang sama Feliks Gaghaube Kadis Perindag sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah provinsi dan pusat dalan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan.

"Pemerintah daerah selalu bekerja dan berusaha agar masyarakatnya bisa meningkatkan perekonomian dengan program yang dicanangkan,memang tak bisa dirasakan secara instan,namun pasti akan membuahkan hasil yang cukup menjanjikan bagi masyarakat ke depan,"ungkapnya.

Ditambahkannya ada beberapa produk unggulan yang nantinya akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi sebagai penunjang peningkatan hasil kerajinan atau olahan masyarakat.

"Setiap harapan dan aspirasi masyarakat tetap di perjuangkan oleh Bupati beserta jajarannya,marilah kita membangun daerah tercinta ini dengan rasa penuh tanggung jawab dalam kebersamaan," pungkas mantan Kadis perikanan dan kelautan ini. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Minggu, 13 Oktober 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional