Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Hontong Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Sekaligus Buka TMMD ke-106

Tahuna, detikawanua.com - Upacara Kesaktian Pancasila dirangkaikan dengan Pembukaan TMMD ke-106 TA. 2019 tersebut dipimpin langsung dan secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Helmut Hontong SE selaku Inspektur Upacara.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Helmut Hontong SE dalam sambutannya menyebutkan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah bahagian untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini.

"Dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita sebagai falsafah negara era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa dan antar komunitas atau kelompok Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar suku adat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Sementara, terkait kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementrian, Lembaga Pemerintah Non Kementrian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

"Program TMMD dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah didaerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan didaerah, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta menghadapi berbagai hakikat ancaman. TMMD juga merupakan wahana memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah, percepatan pembangunan desa dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelasnya.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh  para pejabat TNI/Polri wilayah Kodim 1301, Muspida Kabupaten Sangihe , Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan serta Tokoh Masyarakat setempat. Pembangunan yang dilaksanakan selama TMMD adalah pembangunan jalan desa, rehap tempat ibadah, Bhakti Sosial TNI-KB-Kesehatan, donor darah, bazzar pasar murah dan ceramah Bela Negara. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 01 Oktober 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional