Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Hampir Setahun, Pengadilan Agama Boltim Tangani 70 Persen Gugatan Perceraian

Hampir Setahun, Pengadilan Agama Boltim Tangani 70 Persen Gugatan Perceraian.

Boltim, detiKawanua.com - Semenjak November Tahun 2018 kemarin, Kantor Pengadilan Agama Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sudah sekitar 70% kasus gugatan soal perceraian yang ditangani.

Mengenai soal gugatan perceraian itu, Kepala Pengadilan Agama Boltim Mashudi SAg mengatakan, bahwa perkara perceraian tahun ini sudah sekitar 70 persen. Rata-rata penggugat kebanyakan dari pihak perempuan.

"Dari perkara perceraian, sudah sekitar 70%, yang kebanyakan penggugat dari isteri. Dan yang paling dominan pemicu  gugatan tersebut, yaitu perselingkuhan. Itu ada sekitar 50%. Kedua, yakni dipicu minuman keras, serta Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Namun, untuk KDRT itu minim," ungkap Mashudi, Selasa (22/10) kemarin, saat dikonfirmasi sejumlah awak media.

Menurutnya, jika bercerai harus beralasan. Sebab, agama melarang tentang perceraian. 

"Cerai harus beralasan. Tidak boleh orang bersepakat cerai, karena di agama itu tidak boleh. Boleh cerai tetapi kondisinya darurat," jelas Dia.

Dirinya juga menambahkan, tugas dari eksekutif membina masyarakat kita, utamanya ada pembinaan dakwah dan pendidikan agama. Sehingga, sejak dini hari harus dicegah.

"Kalau saya pribadi, hanya menerima perkara yang diajukan. Ketika ada perkara kita periksa," ucapnya, seraya mengimbau masyarakat harus taat hukum agar nantinya ada persoalan di kemudian hari ada perlindungan hukum.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Rabu, 23 Oktober 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional