Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Dinsos Boltim Lakukan Bimtek Penerima RS RATILAHU dan KUBE

Suasana Bimtek bagi Penerima RS RATILAHU dan KUBE.

Boltim, detiKawanua.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukuan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerima manfaat bantuan sosial KUBE Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS RUTILAHU) dan Sarana - Prasarana Lingkungan (SARLING) untuk 2 desa di Kecamatan Tutuyan tepat di kantor Dinsos Boltim, Kamis (17/10).

Kepala Dinsos Boltim Slamet Umbola bersama Sri Waluyo dari Kementerian Sosial serta Kepala Seksi Pertanian Sulis, menjadi pemateri Bimtek tersebut.

Kepala Bidang Fakir Miskin Dinsos Ni'ma Mokoagow SE menuturkan, dilakukannya Bimtek seperti ini supaya masyarakat penerima bantuan sosial bisa manfaatkan bantuan dengan baik.

"Terutama Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang jumlahnya 36 kelompok di seluruh Kecamatan Tutuyan," ujarnya.

Jadi kata dia, adanya bimbingan seperti ini kiranya masyarakat dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah serta Kementerian Sosial untuk menerima bantuan KUBE. Namun, penerima KUBE sudah tidak akan menerima Rehabilitas Sosial Rumah Tidak Layak Huni  (RS RUTILAHU).

"Untuk kelompok RS RUTILAHU dan Prasarana Lingkungan (SARLING) di Kabupaten Boltim mendapatkan bantuan anggaran per 1 unit 15 juta APBN, untuk renovasi bangunan rumah. Untuk KUBE yakni, peralatan pertanian, nelayan, serta kelompok pembuat kue. Semuanya sesuai permintaan kelompok. Ada 36 kelompok, per kelompok Rp 20 juta APBN," terang Dia.

Lanjutnya, data pada 2 desa di Kecamatan Tutuyan sendiri, ada 92 unit untuk RS, RUTILAHU yang akan direnovasi. Sedangkan SARLING dana rehab peralatan pertanian sesuai permintaan masing-masing kelompok tersebut. Kemungkinan untuk tahun depan akan ketambahan sesuai data Basis Data Terpadu (BDT) Basis," jelasnya. 

"Tujuannya, guna membantu warga kurang mampu. Hadir dalam kegiatan Bimtek dimaksud, ketua-ketua keompok dan aparat masing-masing desa penerima. Hari ini juga kita gelar Bimtek yang sama di kecamatan Nuangan tepat di Desa Jiko," tandas Ni'ma kepada media ini siang tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 17 Oktober 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional