Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Buka Resmi Jumbara Boltim IX, Bupati: Ini Bentuk Wujud Nyata Emansipasi Wanita Guna Wujudkan Pembangunan Daerah

Bupati Boltim Sehan Landjar saat membuka secata resmi Jumbara Boltim ke-9.

Boltim, detiKawanua.com - Kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Boltim ke-9 tahun 2019, secara resmi dibuka oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH tepatnya di Lapangan Ibantong Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Senin (14/10) siang tadi.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyelenggaraan pameran serta promosi pembangunan desa tahun 2019, dengan tema tingkatkan kinerja PKK melalui pengolaan administrasi.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bahwa acara yang terselenggara pada hari ini merupakan suatu kegiatan yang sangat berarti dan bermakna dalam membantu pembangunan di kabupaten Boltim. Sebab, Jumbara merupakan agenda tahunan yang akan dijadikan ikon bagi kabupaten Boltim dalam rangka pemberdayaan perempuan.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk dan wujud nyata emansipasi wanita yang ikut mewujudkan pembangunan daerah melalui kegiatan-kegiatan positif," jelas Bupati.

Kegiatan yang dilaksanakan ibu-ibu PKK ini, juga berdampak baik terhadap perekonomian daerah. Buktinya, angka kemiskinan dan pengangguran di Boltim menurun. Kinerja PKK, mendongkrak ekonomi miskin menuju sejahtera.

"PKK menggerakkan roda perekonomian, dengan turut andil dalam pertumbuhan perekonomian di daerah. Dan ini telah menjadi salah satu peningkat kualitas kabupaten termasuk peningkatan perekonomian desa, karena terbukti Boltim memiliki angka kemiskinan terendah di Provinsi Sulawesi Utara," ungkap Bupati.

Bupati juga memberikan apresiasinya terhadap tim TP PKK Kabupaten Boltim, yang dari tahun ke tahun telah melakukan kegiatan Jumbara. Saya ucapan terima kasih kepada tim pengerak PKK kabupaten Boltim, karena telah intens melakukan tugas-tugasnya beserta dharma wanita untuk keberlangsungan kerja sama keduanya dalam pembangunan Boltim. Saya berharap, kedepannya akan lebih baik.

"Kegiatan Jumbara seperti ini, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama. Selamat berlomba, bukan karena lombanya tetapi silaturahminya yang terus dijaga. Jadilah orang bermanfaat bagi orang lain, daripada orang sukses. Sebab, yang bermanfaat lebih penting dari pada yang sukses,"  kata Bupati.

Pembukaan tersebut, ditandai dengan pelepasan Balon PKK oleh Bupati Boltim Sehan Salim Landjar SH bersama Ketua TP-PKK Boltim Nursiwin Yunus Dunggio, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit bersama Wakil TP-PKK Boltim Titiek S. Mamonto. Dilanjutkan dengan lomba defile oleh 80 desa peserta Jumbara se-Boltim. Jumbara 2019 akan berlangsung selama 5 hari hingga Jumat 18 Oktober 2019 (saat penutupan nanti, -red).

Hadir pada pembukaan, Sekda Boltim, Oskar Manoppo, Assisten I, II, III Pemkab Boltim, Ketua DPRD Boltim, dan sejumlah anggota DPRD Boltim, serta unsur Forkopimda.

Diketahui, untuk memeriahkan kegiatan, berbagai lomba digelar oleh panitia. Di antaranya, lomba stand pameran yang diikuti 80 desa untuk menampilkan hasil industri dan potensi desa serta profil dan administrasi pemerintah serta PKK desa, lomba ratu lansia, lomba paar, lomba goyang caca kaka enda, lomba menu, lomba pidato bahasa Mongondow, lomba Slstand, lomba Iva Test, lomba defile, lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPK).

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 14 Oktober 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional