Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Warga Pesisir Pantai Baret Keluhkan Pasoka Air Bersih

Rumah warga Pantai Baret, Tutuyan. 

Boltim, detiKawanua.com - Warga sekitar pesisir pantai Tutuyan lll Baret, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang berprofesi sebagai nelayan, di musim kemarau ini kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Ditemui media ini, warga mengaku bahwa untuk mandi, mencuci, dan minum, mereka harus menempuh jarak ratusan meter dari 3 tempat berbeda guna mendapatkan air yang layak.

"Kami ambil air untuk, mandi kira-kira ada sekilometer jaraknya, yakni sumur yang lokasinya berada di pasar milik pemerintah daerah. Sedangkan air dipakai untuk minum, kami mengambil air bersih dari rumah warga yang letaknya berada di samping masjid, kemudian diangkut lagi menggunakan kendaraan becak motor (bentor) seharga Rp 10.000 empat galon. Untuk mencuci pakaian terkadang kami harus pergi ke kali yang jaraknya cukup jauh juga. Apalagi kemarau yang sudah hampir 2 bulan ini," jelas Lili, warga setempat saat ditemui awak media ini,

Sejumlah warga lainnya, juga menuturkan, pada tahun 2015 lalu sempat ada pembuatan imstalasi saluran air bersih untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Namun, hanya berfungsi beberap bulan saja. Dan kemudian sudah tidak berfungsi lagi sampai sekarang.

"Tak hanya di musim kemarau seperti ini, di hari-hari biasa juga kami sering kesulitan pasokan air bersih," terang warga lainnya.

Kepala desa (Sangadi-red) Tutuyan III Irman Pakaya, membenarkan minimnya air bersih untuk warganya di pesisir Pantai Baret.

"Kami juga perihatin dengan kebutuhan air yang tidak memadai. Dan memang benar adanya saluran air bersih di sini sekitar tahun 2015, tetapi sudah tidak beroperasi lagi. Mungkin ada penyumbatan saluran air itu dan kemudian hanya dibiarkan. Kami dari aparat desa hanya bisa memberikan permohonan kepada pemerintah daerah melalui instansi terkait, agar bisa memberikan pasokan air bersih untuk warga masyarakat pesisir Pantai Baret, terlebih di musim kemarau seperti ini," terang Irman.

Terkait kekurangan air bersih tersebut, Dinas Sosial (Dinsos) Boltim saat ini sedang berupaya untuk menanggulangi masaalah air bersih kebutuhan di pesisir pantai

"Kami sedang berusaha membantu warga kekurangan air bersih. kami akan suplay air bersih, tetapi kendaraan (tangki) masih terkendala dengan kerusakan roda (ban). Namun begitu dalam waktu dekat kami suplay air bersih kebutuhan warga. Kami upayakan untuk menanggulanginya," ujar Sekretaris Dinsos Boltim Lan Sumendap, Selasa (03/09) siang tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 03 September 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional