Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Warga Bolmong 'Jadi Jutawan Kelapa' Melalui Program ODSK Disbun Sulut Ini


Manado, detiKawanua.com - Program ODSK (Operasi Desa Sukses Kelapa) yang dibawahi Dinas Perkebunan (Disbun) Daerah Sulut yang merupakan inovasi dari Gubernur Olly Dondokambey disektor pengelolaan buah kelapa menjadi bahan minyak kemasan (VCO), telah berhasil dan dirasakan langsung manfaatnya.

Kepala Disbun Daerah Sulut, Refly Ngantung mengungkapkan bahwa kenyataan itu terbukti pada warga di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang kini berpenghasilan Rp3 Juta perminggu.

"Awalnya dia (pemuda lulusan sarjana) itu hanya mengelola pembuatan mjnyak kelapa itu secara manual, namun setelah diberikan bantuan kepada dia berupa paket alat unit pengelola kelapa (alat dan pembuatan bangunan), yang membuat pekerjaannya lebih cepat dan mudah dalam pengelolaan minyak kelapa," terang Ngantung, Senin (09/09) pagi tadi.

Menurutnya juga bahwa manfaat dari kelapa yang lagi trend sekarang ini bukan lagi kopra, namun melalui pengelolaan langsung menjadi minyak dengan bantuan alat olah yang sangat efisien.

"Paket alat/unit bantuan yang sudah disalurkan sebanyak 18 unit, dan nantinya masih ada 19 unit paket bersama pembangunan tempat pengelolaannya untuk kelompok tani. Total anggarannya sekitar 15 Miliar," ungkapnya sembari mengatakan nantinya hasil pengelolaan kelapa menjadi minyak VCO dari para petani itu nantinya akan dibeli oleh pemerintah dan menjadi brand untuk Operasi Daerah Sukses Kelapa (ODSK).

Diketahui informasinya harga perkemasan jika dijual hingga harga 50 Ribu/kemasan, yang nantinya juga akan diperkenalkan dalam pameran Sulut Expo 2019 di Jakarta.

(1s70)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 09 September 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional