Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Rayakan 1 Muharram, Jamaah Ash-Shalihin Mari Kita Hijrah Dalam Kebaikan


Manado, detikawanua.com -  Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kota Manado dan Jamaah Masjid Ash -Shalihin Kampung Merdeka Kelurahan Dendengan Dalam Kota Manado merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah di Mesjid Raya Ahmad Yani Kota Manado pada Minggu (01/09 ) pagi.

Pada perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah tersebut mengangkat tema "Mari Kita Hijrah Dalam Kebaikan" dimana dengan semangat hijrah, mari kita perkuat ukhuwa antara sesama dengan saling berbagi. Perbanyak sedekah dan perbaiki ibadah menuju perubahan hidup yang lebih baik.


Pembukaan kegiatan tersebut dimulai dengan pembacaan Alqur'an oleh Ustd Rithon Igisani dan kegiatan tersebut diisi juga dengan pengumpulan dana untuk pembangunan Masjid Ash -Shalihin Kampung Merdeka Kota Manado.

Dalam ceramah yang disampaikan oleh Ustad Haji Ir Jafar Alkatiri menyampaikan, bersyukur sekali karena pada Tahun Baru Islam kali ini, umat Muslim bisa berkumpul bersama dengan membaur menjadi satu.

"Hijrah adalah sebuah komitmen dasar yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhhamd SAW dan ini merupakan sunnah dengan tunuan untuk pembaharuan reformasi diri agar lebih bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT," ungkap Jafar.

Lanjut dia, Perang pemikiran dengan dunia digital diera globalisasi saat ini sangatlah membahayakan 

"Maka kita harus kembali pada Alquran dan haditz dimana tidak ada yang bisa mengalahkan itu karena itu adalah petunjuk dari Allah SWT," jelas dia. 

Kata dia, Hijrah juga berneda - beda baik pada yang hak dan yang batil juga termasuk prilaku.

"Hijrah bukan juga perpindahan tempat, dia juga adalah perubahan baik ahlak dimana tetap menjaga kerukunan, toleransi, persatuan, kekompakkan dan inilah yang disebut Islam yang sesungguhnya," kata Jafar.

Lanjut dia, Kalau semua bersatu maka akan bisa bersama - sama membangun peradaban khususnya kemajuan pembangunan di Indonesia.

Gubernur Sulut yang diwakili Kepala Inspektorat Provinsi Sulut Praseno Hadi yang hadir saat itu menyampaikan, semoga Tahun baru Islam ini umat muslim bisa meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

"Jadilah ini sebagai kesempatan untuk membangun tekad kebersamaan dalam perubahan dan meningkatkan ahlak dan ukhuwa," ungkapnya.

Lanjut Hadi, Jagalah kerukunan dan kedamaian di Sulawesi Utara untuk kemajuan pembangunan karena pembangunan tidak akan berhasil kalau tanpa partisipasi dari pada masyarakat Sulut.

Mewakili Walikota Manado Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Manado, Herry Sabtono menyampaikan, ditahun Islam ini senoga akan membawah berkah kehidupan agar lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Sebagai hamba tuhan sepatutnya kita harus memaknai pergantian tahun termasuk tahun baru islam saat ini dimana ini adalah sebagai titik instropeksi dan evaluasi diri," kata Sabtono.

Lanjut dia, tahun baru Islam ini juga akan membawah kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari aspek kehidupan.

"Sebagai manusia kita harus terus memperbaiki diri diantaranya dari keburukan menjadi kebaikan dan
saya ajak untuk terus menjaga kerukunan dan kedamaian di kota manado dan mari kita jaga identitas Kota Manado sebagai Kota yang paling toleran baik rukun dan damai," jelas dia.

Sementara melalui Ketua PHBI Kota Manado, Amir liputo menyampaikan, perayaan tahun baru Islam dengan berkumpulnya umat islam ini, maka akan terus memper erat tali silaturahmi dan meningkatkan kerukunan antar sesama.

"Kegiatan Kami sudah 15 tahun terus dilaksanakan khususnya pada tahun baru Islam kali ini dan  sekaligus mengadakan perkumpulan dana bagi pembangunan Mesjid di Kota Manado," katanya.

Jelas Liputo, saat ini dana yang masuk dari kegiatan pengimpulan dari pada hari ini sudah ada Rp 400 juta dan semoga dana ini bisa membantu Mesjid yang saat ini masih kekurangan fasilitas.

Ketua Panitia, Raden Suratman mengatakan, kegiatan Tahun baru Islam 1 Muharram kali ini bekerjasama dengan PHBI Kota Manado dan sekaligus menggalang dana bantuan untuk Pembangunan Mesjid Ash -Shalihin yang saat ini membutuhkan Rp 2,1 Miliar.

"Penggalangan dana dari umat muslim dirangkaikan dengan peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1441 H kali ini sangatlah membantu dimana langsung terkumpul Rp 400 juta," ungkap Suratman.

Saat ini kata Suratman, Jamaah Masjid Ash -Shalihin Kampung Merdeka Kelurahan Dendengan Dalam Kota Manado mempunyai jamaah 1.460 dan kapasitas Masjid yang akan dibangun yaitu sampai 2.500 jamaah.

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya bantuan dari umat muslim khususnya di Kota Manado, dimana dana yang terkumpul cukuplah banyak," ucap dia.

(1s70/tim)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Minggu, 01 September 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional