Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Inspektorat Boltim Bakal Periksa Pengelolaan DD Pekan Depan

Kepala Inspektorat Boltim, Meike Mamahit.

Boltim, detiKawanua.com - Pemeriksaan pengelolaan Dana Desa (DD) di 70 desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan dilakukan oleh Inspektorat pada Senin (23/09) pekan depan.

Kepala Inspektorat Boltim Meike Mamahit mengatakan, soal pemeriksaan DD tersebut akan menurunkan 3 tim untuk memeriksa penggunaan DD tahun anggaran 2019.

"Senin pekan depan, kami akan turunkan tim selama kurang lebih 15 hari guna melakukan pemeriksaan di 70 desa se-Boltim. Sedangkan 10 desa lainnya tidak, karena telah diperiksa oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Provinsi beberapa waktu lalu," jelasnya.

Ditegaskannya, jika ada temuan kekurangan atau kerugian maka pihak Pemerintah Desa (Pemdes) harus segera mengembalikan ke kas desa.

"Saya berharap, sebelum dilakukan pemeriksaan, Pemdes diminta mempersiapkan semua dokumen terkait DD maupun dokumen fisik. Itu harus segera terpenuhi mengingat waktu pemeriksaan yang tinggal beberapa hari kedepan. Dan diharapkan juga, apa harapan Pemerintah daerah (Pemda) tentang pengelolaan keuangan desa, sesuai aturan berlaku dan direncanakan. Demikian juga dengan penerima manfaat," tutur Meike.

Dirinya mengingatkan, Pemdes jangan sampai dengan sengaja merugikan keuangan negara.

"Jika didapati atau terindikasi penyalahgunaan anggaran secara sengaja sampai negara dirugikan, maka sanksinya akan diproses sesuai aturan yang berlaku. Kami akan serahkan kasus tersebut ke Aparat Penegak Hukum (APH)," tegas Meike, Kamis (19/09) kemarin.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, Inspektorat Boltim telah selesai melakukan audit ke 15 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berbasis resiko, juga melakukan monitoring dan evaluasi kepada SKPD lainnya.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Jumat, 20 September 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional