Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Hadiri Deklarasi Program Stop BABS, Ini Kata Asisten 1 Pemda Boltim

Asisten 1 Pemda Boltim saat menghadiri deklarasi Stop BABS. 

Boltim, detiKawanua.com - Asisten Satu (1) Bidang Pemerintahan dan Kesra Boltim, Hariyono Sugeha menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar (BABS), bertempat di desa Nuangan Satu Kecamatan Nuangan, pada Senin (30/09). Kegitan tersebut, ditandai dengan penandatanganan dan pembacaan ikrar bersama tentang stop BABS.

Hariyono menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa Nuangan Satu, dan Puskesmas Nuangan, yang telah mendeklarasikan Stop BABS.

Dirinya juga meminta langkah ini diikuti oleh pemerintah desa lainnya, dengan melaksanakan dan mensosialisasikan stop BABS kepada masyarakat sehingga perilaku BABS dapat dihentikan.

"Ketika masyarakat sembarangan buang air besar di suatu tempat, apa terlebih di kuala (sungai-red), maka itu langkah pertama penyebaran penyakit. Makanya,  Saya mengimbau Pemerintah Desa (Pemdes) agar mendata warga masyarakat, atau Kepala Keluarga (KK), yang belum ada tempat sanitasi (jamban), sehingga bisa dibangun dengan anggaran Dana Desa (DD)," ujar Hariyono.

Dia juga menuturkan, Stop BABS merupakan salah satu program pemerintah pusat yaitu peraturan Kemenkes RI Nomor 3 Tahun 2014, tentang Stop BABS, cuci tangan dengan air sabun, Sanitasi pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengawasan sampah rumah tangga, dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

"Ini adalah program pemerintah, demi kesehatan kita bersama. Sehingga, perlu mendapat dukungan dari masyarakat. Stop BABS perlu diaplikasikan oleh seluruh masyarakat karena Stop BABS sangat berdampak positif bagi kesehatan kita bersama," terangnya.

Dalam hal ini kami selaku pemerintah, katanya, menghimbau kepada Pemdes dan masyarakat supaya dapat bersama-sama mendukung program stop BABS, juga berkoordinasi dengan Dinkes, Puskesmas dan Pustu sehingga lingkungan maupun desa bersih, bebas dari penyakit.

"Mari tingkatkan kesehatan, mulai dari rumah masing-masing sampai ke lingkungan yang lebih luas," tuturnya.

Terpisah dikatakan Kepala puskesmas (Kapus) Nuangan, Viera Paputungan, bahwa selain deklarasi STOP BABS, PKM Nuangan juga berinovasi dengan beberapa program.

"Kami sangat mengharapkan kerjasama Pemdes dan masyarakat se-Kecamatan Nuangan agar dapat ikut peran andil dalam program Stop Babs dan Germas. Selain Stop BABS, ada inovasi Wisuda Imunisasi Dasar Lengkap Mantap (Idaman), ini bagi anak yang telah lengkap imunisasi, ada Pencanangan pos pelayanan terpadu (Posyandu terintegrasi), dan pencanangan kegiatan Gerakan Minum Obat Serentak Tablet tambah Darah pada Remaja Putri (Gemas Tetap Rapi)," jelas Viera.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 30 September 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional