Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Di Musim Kemarau, Ini Imbauan BPBD Boltim

Kepala BPBD Boltim, Elvis Siagian. 

Boltim, detiKawanua.com - Di musim kemarau yang disertai tiupan angin kencang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kembali mengimbau kepada warga.

Kepala BPBD Boltim Elvis H Siagian mengatakan, kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Boltim, mulai dari yang berprofesi sebagai nelayan, petani, serta warga umumnya, agar tidak sembarangan membuka, menggarap tanah atau lahan perkebunan dengan cara membakar.

"Saat ini musim kemarau, diimbau kembali kepada warga masyarakat umumnya, supaya mari kita menjaga bersama potensi-potensi yang mengakibatkan bencana kebakaran. Sebab, api akan dengan cepat menjalar terlebih di musim kemarau disertai angin kencang seperti sekarang ini. Dilarang membuang puntung rokok di areal perkebunan, atau di pinggiran jalan demi menghindari pemicu terjadinya kebakaran," katanya mengimbau.

Dirinya menambahkan, tindakan membakar hutan juga ada Undang-Undang (UU)-nya, barang siapa yang dengan sengaja membuka lahan untuk kepentingan apapun dengan cara membakar maka akan dikenai pidana hukuman.

"UU Nomor 32 Tahun 2009 pasal 108 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup," jelas Elvis.

Upaya pencegahan merupakan cara terbaik, dan sangat penting untuk dilakukan. Karena upaya ini, relatif lebih mudah dan murah dibandingkan jika kita melakukan penanggulangan kebakaran yang sudah terjadi," ujarnya, Jumat (13/09).

Untuk para nelayan, juga saya imbau agar ketika akan pergi melaut, sebaiknya melapor dahulu kepada pemerintah desa, mengingat saat ini tiupan angin dinilai kencang disertai gelombang tinggi.

"Kepada nelayan diharapkan supaya melapor ke pihak Pemdes jika ingin melaut atau mencari ikan. Mari kita jaga dan hindari bersama, potensi yang bisa berakibat bencana yang kita tidak inginkan bersama. Semoga imbauan dan informasi ini, dapat bermanfaat bagi kita semua, lebih khusus bagi warga masyarakat Bolaang Mongondow Timur," ucap Elvis.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Sabtu, 14 September 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional