Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Antisipasi Kekeringan Lahan Petani, Dispertanak Boltim Sediakan 6 Unit Mesin Pompa Air

Mesin Pompa Air Kubota di Dispertanak. 

Boltim, detiKawanua.com - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), berupaya antisipasi kekeringan lahan tanam petani dimusim kemarau yang saat ini sudah menjelang 2 bulan, dengan mesin pompa air.

Upaya tersebut, dikatakan Kepala Distanak Boltim, Setiono bahwa pihaknya akan mengupayakan kekeringan lahan atau kebun petani dengan bantuan mesin pompa air sistim pompanisasi "kita akan antisipasi musim kemarau dengan pompasinasi untuk kepentingan petani di Boltim. Gunanya, supaya lahan tanam petani seperti jagung, dan padi sawah akan tumbuh hingga menghasilkan panen sesuai keinginan para petani. Juga, ini perlu dilakukan mengingat peningkatan produksi serta kesejahteraan petani utamanya di Boltim" kata, Setiono 

Namun, sejauh ini kata Setiono, pihaknya belum ada permintaan dari petani soal pompanisasi. Yaa syratalnya, petani harus melaporkan lahan milik mereka yang sudah mengering, yang didalamnya ada tanaman berupa jagung dan padi disawah. Jika ada laporan, dipastikan kita bantu pompanisasi. Kita sudah sediakan 6 unit mesin pompa air Kubota. Kita prioritaskan komoditi strategis lahan jagung dan sawah. Sebab jika dilihat masaalah kekeringan, itu terdapat di daerah pesisir terutama lahan jagung. Untuk biaya bahan bakar minyak itu ditanggung petani. Kita sediakan mesin pompa airnya" jelasnya, kepada awak media (5/09)

Dia menambahkan, diminta kepada petani, untuk segera melapor jika ada lahan yang sudah mengering akibat musim kemarau saat ini "kami menunggu laporan petani, terkait adanya kekeringan lahan. Mesin pompa siap digukan untuk pinjam pakai" imbau Setiono.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 05 September 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional