Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Tata Cara Hingga Mendapat Penghargaan, Pekerjaan Sopir Angkutan Umum Adalah Profesi


Manado, detiKawanua.com - Dinas Perhubungan Daerah (Dishubda) Sulut pada Selasa (13/08) telah menggelar kegiatan "Pemilihan/Penghargaan Pengemudi/Sopir Awak Kendaraan Angkutan Umum Teladan Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2019" yang telah dibuka langsung Asisten I Edison Humiang selaku perwakilan dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Pada konsepnya, kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari di Manado itu, melibatkan 24 peserta (pendaftar sementara di hari pertama Selasa tadi), dengan tujuan penilaian bagi pemenang satu dan dua guna mendapatkan penghargaan Sertifikat Abdiyasa tingkat provinsi dan selanjutnya akan diutus ke tingkat nasional.

"Jadi sebelum ke nasional para peserta supir angkutan ini diseleksi dulu ditingkat provinsi. Hal ini berlaku bagi semua supir angkutan angkutan umum dari dalam trayek maupun tidak dari utusan kabupaten kota," terang Kepala Dishubda Sulut, Lynda Watania melalui Kepala seksi Penyediaan Angkutan, Jaringan dan Tarif, Noldy Suluh.

Disisi lain menurutnya, kegiatan dimaksud guna memberikan pemahaman bagi para supir bahwa, pekerjaan yang ditekuni mereka merupakan pekerjaan yang mulia bersifat profesi.

"Ini merupakan pekerjaan profesi 'jasa pelayanan' guna mengangkat derajat mereka dengan bentuk penghargaan, sehingga dampaknya pada penyadaran diri para pengemudi karena pekerjaan mereka itu berhubungan langsung dengan masyarakat (baik pejabat, pengusaha, sipil, dll) menjadi pengguna angkutan," jelasnya sembari menambahkan bahwa dalam kegiatan itu mencakup materi tata cara berkendaraan dengan baik, hingga tindakan pertolongan dijalan dan profesional sehingga benar-benar seorang supir beriwibawa sebagai pekerja profesi.

"Dalam perhubungan undang-undang/aturan itu kebanyakan baku dari pusat karena persoalan perhubungan itu aturannya benar-benar melalui kajian dan penelitian akurat," tandas Noldy.

(1s70)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 13 Agustus 2019

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional