Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Sejumlah Warga Kalurae Minta ADD Harus Transparan

Tahuna, detikawanua.com - Warga masyarakat Kampung Kalurae harus secara optimal mengawas terhadap pengelolaan dana desa menyusul banyaknya kepala desa ditangkap menjadi penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) terkait penyelewengan Angaran Dana Desa (ADD).

Selain itu transparansi dalam pengelolaan dana desa harus dilakukan kepala desa bersama pendamping untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang merugikan warga masyarakat setempat

Hal tersebut dikemukakan oleh salah satu warga masyarakat yang tak dipublis,  dalam kegiatan rapat lanjutan pekerjaan penimbunan lapangan bola dengan mengunakan anggaran dana desa Kampung Kalurae 2019 (26/8/19) di kantor Kapitalaung Kalurae

Kegiatan rapat tersebut dihadiri Kapitalaung Kampung Kalurae, Ketua MTK, Sekdes, Pihak Kepolisian, Aparat Kampung dan warga masyarakat

"Kalau ada warga datang ke kantor Desa Kalurae dan di sana tidak ada papan informasi atau baliho tentang pemanfaatan dana desa, warga tidak tanya lagi karena pasti dana desa tidak dimanfaatkan secara benar," kata warga pada saat rapat tersebut

Kondisi seperti ini menurut warga menandakan perencanaan pengelolaan dana desa tidak melibatkan masyarakat atau partisipatif. Hal lain ialah mengecek komponen dari program tersebut, apakah memanfaatkan sumber daya  di desa atau sebaliknya dari luar desa. 

"Amanat Undang-Undang Desa diharapkan program dana desa lebih banyak memanfaatkan potensi dan komponen di desa, kita harus suptanstif jangan sampai terjerumus dengan hal  hal yang merugikan," ujarnya.

Sementara itu Sekertaris Kampung Kalurae Harinda tak menepis dengan hal yang dimaksud diatas dikatakannya, transparansi dana desa menjadi kewajiban bagi seluruh desa agar masyarakat tahu secara persis apa yang dilakukan di desanya yang lebih khusus lagi diKapung Kalurae, "dalam waktu dekat ini kami selaku perangkat Desa akan mengumumkan secara transparansi melalui baliho tentang pengunaan Angaran Dana Desa, serta papan proyek lanjutan pekerjaan penimbunan lapangan bola segera dipasang, kata Harinda.

Selain itu kata Harinda, dengan adanya transparansi ADD dapat membangkitkan partisipasi aktif dari masyarakat karena dengan melihat baliho dana desa yang dipajang di desa, masyarkat diharapkan tertarik dan ikut dalam proses musyawarah desa untuk menentukan kegaitan-kegiatan paling prioritas di desa.

Menurutnya lagi, pengelolaan dana desa ideal dan sederhana yakni partisipatif dalam perencanaan, cepat dalam penyaluran, tepat dan berkualitas dalam penggunaan, dan akuntabel dalam pelaporan. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 27 Agustus 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional