Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Pemkab Sangihe Gelar Me'Daseng di NusTab

Tahuna, detikawanua.com - Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME melaksanakan Me'Daseng di Pulau Bukide Kecamatan Kepulauan Nusa Tabukan (Nustab), Jumat (30/08/2019).

Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Dra Ririswati Gaghana Katamsi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Rahel Hontong Sasamu, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), kapitalaung, tokoh agama, masyarakat. Disambut secara adat yang dilanjutkan dengan pelantikan Komolang Menahimata Rimpulaeng atau Dewan Adat Kecamatan Kepulauan Nusa Tabukan periode 2019-2022, oleh Gaghana.

Laporan dari Camat Kepulauan Nusa Tabukan, Marwan Nikiulu SSos MSi, yakni sebagai umat yang percaya mempersembahkan pujian syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agenda sangat penting Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, pelaksanaan kunjungan kerja Me'Daseng.

"Atas nama pemerintah kecamatan Nusa Tabukan, mengucapkan selamat datang,  di wanua bukide. Kondisi geografis, luas wilayah 14,73 kilometer persegi, 2 gugus pulau yakni Pulau Nusa terdiri dari 3 kampung, dan Pulau Bukide terdiri dari 2 kampung. Jumlah penduduk 3.181 jiwa dan 944 KK," kata Marwan
Lanjutnya, di Kecamatan NusTab ada 3 warga yang belum memiliki kewarganegaraan yang jelas, selain kerusakan talud sepanjang 100 meter akibat gelombang, SD 8 unit, SMP 3 unit, SMA 1 unit, Puskesmas 1 unit. Beberapa pembangunan, program PTSL dari Badan Pertanahan yakni penyediaan serrifikat, pembuatan sarana jalan sementara dalam pekerjaan. 

"PBB 79 persen, pada bulan depan akan diupayakan 100%. Potensi pariwisata yang ada 2 pulau tak berpenghuni, i pantai Kasaraeng, konservasi laut, Pulau Poa ," ucapnya.

Dijelaskan, untuk listrik menyala pukul 6 sore hingga pukul 6 pagi, mesin listrik perlu diganti baru, sementara listrik di Bukide Timur yang diresmikan Jenderal Moeldoko sudah pemasangan instalasi ke rumah penduduk. 

"Belum ada aspal antar kampung, hanya menggunakan transportasi laut belum kendaraan darat, sarana prasarana perikanan, belum difungsikan coolstorage. Belum ada pusat perbelanjaan di Nusa Tabukan," tandasnya.

Pula dijelaskan, pelaksanaan Me'Daseng selama dua hari, pun OPD telah melaksanakan beberapa kegiatan. Diantaranya sosialisasi penyebarluasan informasi oleh BPBD, penyebaran hama dan muntaber Dinas Kesehatan, perlindungan terhadap anak dari Badan Perlundungan Anak, pelayanan administrasi kependukukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), sosialiasi no rice oleh Dinas Ketahanan Pangan, pelayanan kesehatan dan bakti sosial dan stop buang air besar sembarangan (BABS) dari RSD Liun Kendage Tahuna, pengolahan ikan oleh Dinas Disperindag, pengelolaan perijinan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).
Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan, pihaknya, bersyukur hari ini, pelaksanaan Me'Daseng di Nusa Tabukan, kita bersyukur kehadiran Tuhan, hari ini, teduh, karena Tuhan. Kita boleh lewat dari Peta, di kapal hanya menyaksikan banyak ikan yang nampak di permukaan laut. Banyak ikan, tanda heran ikan banyak, sampai pantai Enggohe. Karena ada acara Me'Daseng, banyak iko medaseng,  hingga blum sempat tangkap ikan.

"Program Me'Daseng, semenjak hari senin, sudah ada kegiatan, mendahului berbagai sektor, sosilaisi kesehatan, kependudukan, dan lainnya. Berhadapan dengan kelompok yang besar. Kita bersyukur Me'Daseng pendekatan pelayanan kepada masyarakat, hari ini puncak dialog program pemerintah. Danlanal Tahuna, Kejari, kepolisian, pertanahan, Bank SulutGo (BSG), Imigrasi," kata Gaghana

"kita berharap jika ada hal - hal yang menjadi kekeliruhan pemerintah daerah, kita selesaikan di sini. Agar setiap pimpinan OPD mengklarifikasi kalau ada yang kurang, sejauh mana pelayanan kepada masyarakat. Ada materi dan dialog, mari terbuka, jangan simpan hal-hal kurang berkenan, lebih baik enjoy, lebih baik teguran yang nyata daripada kasih yang tersembunyi, kasih lebih baik ditampilkan. Me'Daseng tak hanya kunjungan, tanpa ada nilai. Namun bermanfaat," tambahnya. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Sabtu, 31 Agustus 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional