Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Kejaksaan Awasi Anggaran Kebakaran, Gubernur Olly Sebut Bupati Walikota Harus Ada Pos Anggarannya

Manado, detiKawanua.com - 15 Kabupaten Kota dimintakan untuk segera menyisipkan anggaran penanganan bencana kebakaran pada APBD-Perubahan 2019. Hal tersebut dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kamis (15/8) yang digelar di Graha Gubernuran Bumber Manado.

"Kepada seluruh kepala daerah di 15 kab/kota untuk menyiapkan anggaran. Paling tidak siapkan dana kegiatan untuk penanganan bencana kebakaran. Jangan pak Kapolda atau pak Kapolres yang urus karena tidak ada anggaran seperti itu di TNI dan Polri. Yang ada anggarannya di Pemda provinsi dan kab kota. Jadi saya kira ini harus di antisipasi jangan sampai terjadi kebakaran baru kita bergerak," terang Olly sembari mengingatkan untuk pos anggarannya (bencana kebakaran) itu harus tau, jangan disisipkan di pos anggaran bencana alam.

"Anggaran bencana alam harus ada pernyataan bencana alam dulu baru bisa digunakan. Kalau tidak akan bermasalah dengan pihak kejaksaan. Makanya hari ini juga kami mengundang pihak kejaksaan agar kita bisa paham karena pengamanan bencana kebakaran ini beda dengan bencana alam biasa," jelas Olly.

Ditekankannya pula bahwa setidaknya ada tindakan penanganan pengamanan langsung (reaksi cepat) dilakukan pada titik api sebelum terjadi (api) membesar.

"Pos-pos penanganan seperti ini saya kira para kepala daerah harus memahami hal hal seperti ini agar supaya koordinasi lebih lanjut nanti di tim teknis mungkin di buat tim penanganan secara langsung dari TNI/Polri dan aparat penanganan bencana yang ada sehingga pengeluaran pembiyaannya sesuai tupoksi yang ada," ungkapnya.

Gubernur juga kembali mengingatkan bahwa tidak terdapat pos pembiayaan pada instituai TNI/Polri, namun hal itu terdapat SKPD di pemerintah darrah.

"Mumpung kebetulan saat ini lagi penyusunan APBD-Perubahan, nah masukanlah di situ agar kegiatan kita hingga bulan Desember akhir tahun bisa terjaga atau hingga berakhirnya musim panas yang diperkirakan masih tiga bulan kedepan nanti.

"Jadi saya kira kalau tiga bulan ini (musim panas), kita siapkan di Kab Kota 1 miliar dan provinsi 5 miliar. Toh ini sebagai dana cadangan kalau tidak ada, tidak di pakai. Lebih baik mengantisipasi dari pada kita sudah kebakaran besar baru kita tangani," pungkasnya.

Hadir dalam rakorda tersebut, diantaranya Sekretaris Provinsi Edwin Silangen, Pangdam XIII Merdeka dan jajaran, Wakapolda Sulut dan jajaran serta pegawai Dinas Kehutanan yang ada di Sulut.

(1s70)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 15 Agustus 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional