Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Warga Kampung Ngalipaeng, Minta Dermaga Ngalipaeng Segera Difungsikan

Tahuna, detikawanua.com - Sebagai wilayah kepulauan,Kabupaten Sangihe memiliki puluhan dermaga kapal di seluruh penjuru Bumi Tampungang Lawo,salah satunya dermaga kapal yang terletak di kampung ngalipaeng kecamatan manganitu selatan. Sayangnya dermaga tersebut sejak selesai beberapa Tahun lalu belum difungsikan,walaupun pernah ada kapal ferri yang singgah untuk kegiatan bongkar muat barang.

Oleh karena itu, warga ngalipaeng meminta kepada instasi terkait untuk segera mengaktifkan dermaga ini atau pembangunannya dinilai mubazir oleh mereka. Tujuan dan maksud difungsikannya dermaga tersebut untuk peningkatan perekonomian masyarakat ketika kapal sandar dengan berbagai aktifitasnya.

"Dermaga ini jangan dibiarkan mubazir jika tidak difungsikan,oleh karena itu kami meminta kepada pemerintah daerah sampai ke pusat melalui instasi teknis agar dapat melakukan kordinasi supaya ada kapal yang masuk ke dermaga ngalipeng. Jika aktifitas pelabuhan sudah berjalan dengan baik,otomatis perekonomian masyarakat juga akan meningkat," ujar Wahidin Salapali Kapitalaung Ngalipaeng Dua di acara medaseng akhir pekan lalu.

Ditambahkannya untuk hasil bumi dan laut,warga kecamatan manganitu selatan sudah cukup lumayan dan hanya kendala saat ini kurang insfratruktur penunjang seperti kapal pengangkut semua hasil yang warga dapatkan selama ini. Terkadang hasil bumi serta tangkapan ikan terpaksa di jual ke Tahuna yang hasil pendapatannya tak sesuai harapan. Sebab ongkos tranportasi yang harus dikeluarkan lebih besar dan daya beli di ibukota kabupaten tak sebaik ketika dijual ke perusahaan yang ada di Kota Bitung atau manado. Oleh karenanya warga meminta dermaga ini segera difungsikan secepatnya,apalagi pembangunan fasilitas dermaga sudah sangat memadai.

"Jika kapal sandar pasti hasil bumi dan laut akan dipasarkan ke luar daerah,pasti harga atau penghasilan warga akan meningkat. Terkadang warga harus membawanya ke tahuna baru dilanjutkan ke manado atau kabupaten/kota lainnya," ucap salapali.

Menanggapi hal tersebut Frans Purawow mengatakan pihaknya akan bekordinasi dengan pihak syahbandar untuk mengatur kembali rute kapal yang dulunya singgah dan kini sudah tidak lagi.

"Perlu diketahui warga bahwa kapal yang dulunya singgah di dermaga ngalupaeng sudah habis kontraknya dan rute dilewati juga sudah berubah, untuk itu kami sementara melakukan penjajakan kembali agar dermaga ini kembali berfungsi dengan baik sesuai harapan kecamatan manganitu selatan dan sekitar," katanya. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 30 Juli 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional