Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Serah Terima Jabatan BPK Perwakilan Sulut, Wagub Harap Ada Perbaikan Pengelolaan Anggaran di Daerah


Manado, detiKawanua.com – Kini BPK RI Perwakilan Sulut dinahkodai Karyadi SE MM. Ak.CA menggantikan pejabat lama, Drs Tangga Muliaman Purba MM, setelah dilakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang disaksikan Kepala BPK RI Prof Harry Azhar Azis bertempat di Aula Kantor BPK RI Perwakilan Sulut, Senin (29/07/2019) siang.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven OE Kandouw yang hadir mewakili Gubernur Olly Dondokambey SE dalam sambutannya, mengapresiasi kinerja BPK RI Perwakilan Sulut.

“Atas nama Bapak Gubernur, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sulut, saya mengapresiasi kinerja BPK RI, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pejabat lama Bapak Tangga Mulyawan Purba. Mudah-mudahan apa yang ditinggalkan beliau, menjadi bekal dalam memperbaiki rezim pengelolaan anggaran di daerah ini,” ungkap Wagub Kandouw.

Di akhir sambutan, Wagub Kandouw menyampaikan pantun menghibur, ‘Habis makan Bubur Manado, makan Mangga Manalagi, Sudah pernah datang ke Manado, pasti datang lagi’.

Kepala BPK RI,  Prof Harry Azhar Azis menyatakan rasa salut dia terhadap Provinsi Sulut, yang kini sedang menjadi primadona pariwisata di Indonesia.

Menurut Harry Azhar, hal ini pun masuk pantauan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  RI.

” Ini  peluang bagi daerah memperoleh pendapatan daerah. Wisatawan di sini (Sulut)  makin bagus,  saya bicara dengan pak Gubernur,” ujar Harry Azhar Azis.

Dia menilai, bilamana kondisi ini dikelola Sulut dengan baik, justru akan bisa menyaingi Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

“APBD Kabupaten Badung itu Rp 7 triliun,  60 sampai 70 persen berasal PAD (Pendapatan Asli Daerah ),” ucapnya seraya menambahkan Sulut, Kota Manado dan daerah sekitar akan menerima hal itu dari limpahan turis yang datang berkunjung ke sini.

“Inilah satu di antara tujuan mengelola daerah, mandiri dan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” tandasnya.

Diketahui, sebelumnya Karyadi menjabat Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Utara sedangkan Tangga Muliaman Purba dimutasi di jabatan fungsional di BPK RI.

Acara sertijab juga dihadiri Ketua DPRD Sulut Andre Angouw, Kajati Sulut Andi M Iqbal Arief SH MH, Bupati/Wali Kota dan Pimpinan DPRD Kabupaten /Kota.

PROFIL KETUA BPK PERWAKILAN SULUT

Karyadi SE MM Ak CA yang kini dipercayakan sebagai Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, merupakan pria kelahiran Sukoharjo, 29 November 1971.

Karyadi memulai karier di BPK RI pada tahun 1998 sebagai Administrasi Umum pada Auditorat Utama Keuangan Negara II.

Berbagai jabatan struktural yang pernah didudukinya, sebelum menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara, dia menjabat sebagai Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Utara.

Sebelum itu, dia adalah Kepala Sub Bagian Keuangan pada BPK RI Perwakilan Provinsi Riau (2006-2008), Kepala Sub Bagian Akuntansi III Sekretariat Jenderal BPK RI (2008-2013), Kepala Subauditorat IV.C.2 pada Auditorat Utama Keuangan Negara IV (2013-2016), Kepala Subauditorat NTT II pada BPK Perwakilan Provinsi NTT (2016-2017), dan Kepala Subauditorat VI.A.2 pada Auditorat Utama Keuangan Negara VI (2017-2018).

Karyadi menyelesaikan Pendidikan S1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun 1995 dengan mengambil jurusan Akuntansi, dan pada bulan November 2001 menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Satyagama jurusan Manajemen.

Pendidikan dinas yang pernah diikuti antara lain Diklat Audit Investigatif, Diklat Pemeriksaan Infrastruktur, Diklat Audit Pengadaan Barang dan Jasa, serta Diklat Audit Lingkungan Hidup Berbasis Sistem Informasi Geografis.

Penghargaan yang pernah diterima yaitu Satyalancana Wira Karya pada Tahun 2005, Satyalancana Karya Satya 10 Tahun pada Tahun 2008, dan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun pada Tahun 2018.

(1s70/hms)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 30 Juli 2019

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional