Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Selama Periode 2019-2024 Ada BUN500, Ngantung Harap Kembalikan Kejayaan Rempah Sulut


Manado, detiKawanua.com - Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan program BUN500, yaitu pembagian bibit unggul sebesar 500 juta buah selama periode 2019-2024.
Melalui program tersebut, Kementan mencanangkan mimpi besar untuk mengembalikan kejayaan perkebunan dan rempah-rempah Indonesia.

Diketahui, Bibit yang diprioritaskan untuk dibagikan kepada para petani perkebunan rakyat adalah Kopi, Lada, Cengkeh, Pala, Kakao, Karet, Kelapa Dalam, Jambu Mente, Teh, dan Tebu.

Kepala Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulut, Refly Ngantung kepada media mengatakan, dirinya berharap agar dengan dilaunchingnya BUN500 semoga bisa berdampak untuk mengembalikan kejayaan rempah di Sulut. 

"Untuk Sulut sendiri ada tiga produk unggulan yakni kelapa, cengkih dan pala. Diharapkan dengan pembagian bibit benih ini kejayaan rempah Sulut bisa kembali dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (19/7) sore. 

Dari 34 Provinsi lanjut Ngantung hanya 7 Provinsi yang hadir dalam launching BUN500 yang dibuka langsung oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Sulut salah satu provinsi yang hadir.

"Jadi bisnis itu dimulai dari benih sampai pada pemasaran, kalau dulu benih tidak dijadikan bisnis tapi saat ini benih juga sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi karena sudah bisa menjadi bisnis," tukas Ngantung, sembari mengatakan, untuk proses pemberian bantuan benih dimulai dari identifikasi dan penetapan wilayah, kemudian ditetapkan calon petani, calon lokasi (CPCL) yang akan menjadi sasaran.

(1s70/tim)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Minggu, 21 Juli 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional