Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Pekan Depan, Dikbud Boltim Bakal Gelar Festival Seni Budaya

Kepala Dikbud Boltim, Yusri Damopolii. 

Boltim, detiKawanua.com - Kegiatan lomba festival budaya daerah dan tarian seni kreasi, rencananya akan digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada pekan depan.

Rencana tersebut, dituturkan Kepala Dikbud Boltim Yusri Damopolii, untuk kegiatan festival budaya daerah serta seni dan tari-tarian daerah pekan depan digelar.

"Ini untuk meningkatkan budaya seni kita sendiri, khususnya di Boltim. Jadi, tujuannya ini mengangkat budaya seni lokal yang dinilai mulai dikikis oleh zaman," kata Yusri kepada media ini.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Budaya Dikbud Boltim Srie Kadarningsih juga mengatakan, ada sejumlah seni budaya yang nantinya akan dipentaskan, seperti tarian dana dana, pantun pidato bahasa daerah (Mongondow-red) lagu bahasa daerah.

"Melalui program ini, kita lestarikan budaya seni kita sebagai Suku Mongondow melalui generasi muda, anak-anak kita, supaya tidak terkikis zaman yang semakin modern ini. Pentasnya selama 2 hari, dipusatnya tepat di aula Dikbud Boltim pada Kamis (11/07) sampai Jumat (8/07). Anggarannya,  Rp 57 juta APBD," terang Srie.

Lanjutnya, untuk pesertanya kita ambil mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta kategori umum yakni tiga organisasi mahasiswa Boltim.

"Besok kita akan menyurat ke pihak kecamatan, nantinya camat menindaklanjuti hingga ke desa untuk peserta kategori umum. Tarian dana-dana berjumlah 4 orang. Ini untuk memajukan seni budaya supaya tidak dilupakan oleh kita semua, terutama generasi muda," ucap Irma Manoppo, selaku Kepala Seksi Kesenian Dikbud Boltim. 

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 08 Juli 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional