Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Melalui Pos Penjagaan, Pemdes Tomsel Aktifkan Siskamling

Pos Siskamling Desa Tombolikat Selatan. 

Boltim, detiKawanua.com - Guna mencegah atau mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi, maka pihak Pemerintah Fesa (Pemdes) Tombolikat Selatan (Tomsel), Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mulai pekan kemarin menggiatkan penjagaan melalui Sistem keamanan lingkungan (Siskamling). 

Hal itu, dikatakan Kepala Desa (Sangadi-red) Tomsel, Zulkifli Mokodompit saat bersua awak media ini, bahwa saat ini Pemdes bersama masyarakat dengan sistem jaga bergilir setiap malam.

"Jadwal jaga sudah ada. Kita tempel di pos penjagaan. Siskamling ini kita aktifkan kembali, agar tak ada kejadian soal pencurian cengkeh milik warga seperti beberapa waktu lalu. Sebab, saat ini di wilayah kita sedang panen cengkeh. Jadi kita selaku Pemdes dan juga warga harus bersama-sama menjaga supaya kasus pencurian tidak terulang, demi dan untuk ketentraman keamanan kita semua," terangnya.

Lanjut, Sangadi tuturkan, penjagaan di Pos Siskamling dimulai dari dusun 1, pada Senin (08/07) malam pekan kemarin. "Dalam 1 regu ada 10 orang. Desa Tomsel mempunyai 5 dusun," jelasnya kemarin.

Dirinnya menambahkan, bahwa sebelumnya, kita sudah sepakatkan melalui rapat desa, dimana jika tidak hadir dalam jaga yang bersangkutan (warga-red) akan ada dendanya.

"Dan itu sudah kita sepakati bersama. Untuk aturan jaga, itu mulai pukul 02:00 atau tengah malam sampai jam 05:00 waktu subuh, diharuskan melakukan ronda. Olehnya, Saya selaku Pemerintah desa mengimbau, kepada warga khusunya desa Tomsel untuk selalu waspada supaya hal yang kita tidak inginkam bersama tak akan terjadi. Terlebih soal pencurian cengkeh," ucap Zulkifli sembari mengimbau.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Minggu, 14 Juli 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional