Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Apresiasi Sepuluh Desa Berinovasi, Ini Kata Camat Tutuyan

Kegiatan Bursa Inovasi Desa di Kantor Camat Tutuyan.

Boltim, detiKawanua.com - Pemerintah Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengapresiasi 10 desa yang telah mengikuti Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat kecamatan yang diprakarsai oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).

Seperti dikatakan Camat Tutuyan Stenly Budiman, bahwa ini tidak lepas dari program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes dan PDTT).

"Melalui keputusan Kemendes dan PDTT terkait pelaksanaan BID tahun 2019. Dari 4 prioritas Kemendes yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Sarana Prasarana, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Olahraga, sudah tertuang di 3 prioritas dalam program BID yaitu Kewirausahaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan Infrastruktur. Itu yang menjadi target PID," papar Stenly.

Dengan adanya kegiatan tersebut, setiap desa memiliki kesempatan berinovasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui, program BID tingkat kecamatan.

"BID sudah tiga tahun digelar, namun tidak seperti tahun 2017 dan 2018 lalu masih di tingkat kabupaten. Di tahun 2019 ini, BID digelar di setiap kecamatan. Saya mengapresiasi juga kepada seluruh aparat desa yang hadir dan aktif dalam kegiatan-kegiatan seperti pada Rabu (10/07) kemarin,  terkait pengembangan desa. Ini berarti mereka peduli dengan desa dan masyarakatnya," terangnya, Kamis (11/07).

Dia berharap, apa yang tertuang pada Kartu Komitmen dan penjaringan ide-ide (kartu IDE), benar-benar sudah sesuai dengan potensi yang ada di setiap desa.

"Banyak potensi wisata yang dimasukan kedalam Kartu Komitmen dan IDE. Semoga itu sudah sesuai dengan potensi yang ada. Karena, hasil tersebut akan dituang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), serta dijadikan program tahun 2020," jelas Stenly berharap.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 11 Juli 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional