Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Irup Hari Lahir Pancasila , Kapolres Minsel bacakan amanat BPIP-RI



Irup Hari Lahir Pancasila, Kapolres Minsel bacakan amanat BPIP Republik Indonesia

Humas Polres Minsel
MINSEL, DETIKAWANUA.COM - Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/06/2019), yang digelar di lapangan Kantor Bupati Minahasa Selatan, Amurang.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Minsel membacakan amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” demikian dibacakan Kapolres membuka amanat.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa”, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ucap Kapolres.

Sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. “Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa,” tambah Kapolres.

Lanjutnya, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Upacara peringatan ini ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, Hening Cipta, pembacaan Pembukan UUD 1945 dan pembacaan teks Pancasila. Peringatan Kelahiran Pancasila ini juga dilaksanakan di seluruh Polsek jajaran Polres Minsel.
( Vandytrisno )

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Sabtu, 01 Juni 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional