Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Guna Revisi RTRW, DLH Boltim Persiapkan KLHS dan D3TLH

Kepala DLH Boltim, Sjukri Tawil.

Boltim, detiKawanua.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) saat ini sedang dalam persiapan pembuatan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategi (KLHS) dan dokumen Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (D3TLH), guna pembuatan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Persiapan tersebut, seperti dituturkan Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil S.Pd bahwa saat ini pihaknya sedang fokus pada pembuatan dokumen D3TLH. Rencananya pada dua minggu ke depan, akan dilakukan pembahasan bersama di Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Eko Region Sulawesi Maluku (P3ESUMA) di kota Makassar.

"Untuk dokumen D3TLH, sejauh ini sudah masuk perampungan, sudah 75% selesai. Rencana tinggal kita lakukan pembahasan bersama di Makassar," terang Sjukri, Kamis (13/06) kemarin.

Sjukri menjelaskan, revisi RTRW juga memerlukan KHLS Rencana Detail Tata Ruang (RDTL), karena setiap kegiatan yang dibuat harus membutuhkan dukungan seperti KHLS dan D3TLH.

"Untuk RTRW dan RDTL dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR), sementara DLH mempersiapkan KHLS dan D3TLH," ucapnya jelas.

Tanpa kedua dokumen yakni KHLS dan D3TLH, kata Sjukri, maka revisi RTRW tidak bisa dirampungkan. Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya agar kedua dokumen dimaksud sudah dapat terselesaikan, agar pembangunan bisa berjalan.

"Tanpa kajian lingkungan, bangunan tidak bisa dilakukan, sebab untuk membangun harus membutuhkan izin. Penetapan kedudukan bangunan juga nantinya akan lebih terarah dan teratur," ungkap Sjukri kepada sejumlah awak media.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Jumat, 14 Juni 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional