Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Bupati Jabes Gaghana Pantau Pembuatan Lana Bango di Kampung Kalekube

Tahuna, detikawanua.com - Produk lokal Sangihe lana bango terus ditingkatkan produksinya, Kamis (27/6/2019) Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, melakukan pemantauan terhadap produksi pembuatan lana bango di Kampung Kalekube 1 Kecamatan Tabukan Utara (Tabut).

Untuk pembuatan lana bango salah satu karyawan Bumdes Dalkon Kalekube 1 Samsul Bahri Ahad menjelaskan, yang pertama kelapa dikupas terlebih dahulu, setelah itu dibelah baru di korek isi kelapanya, nah proses selanjutnya masuk ditahap pemarutan, proses ini membutuhkan waktu sedikit lama, setelah itu kelapa yang sudah diparut tersebut di mixer untuk membagikan ampas kelapanya dan santan. Masuk ke tahap selanjatnya santan diisi kedalam panci yang berukuran besar.

"Selanjutnya santan kelapa yang diisi kedalam panci tersebut, akan dimasakan, diaduk-aduk berkali-kali. Untuk pemasakanya itu membutuhkan waktu kurang lebih empat jam," urai Ahad.

Dia menjelaskan, dalam setiap hari itu kelompok Bumdes Kampung Kalekube 1 bisa memproduksi sebanyak 600 biji kelapa.

"Itu membutuhakan waktu selama dua hari sampai jadi minyak (lana bango)," sebutnya. 

Soal stok kepala dia menjelaskan, mereka membeli dari masyarakat dengan harga Rp 2.000 per empat biji kelapa.

"Untuk 1 botol lana bango itu ukurannya enam biji kelapa. Bila dijual harganya Rp. 10.000 per botol," jelasnya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana ketika dikonfirmasi pada saat pantauan produkai lana bango mengatakan, interfensi dari Pemerintah untuk merangsang masyarakat membeli produk lokal Sangihe, beberapa waktu lalu sudah melauncing produk lana bango. 

"Ini merupakan alternatif untuk mengatasi harga kopra yang saat ini sedang anjlok," ucap Gaghana.

Bupati mengatakan, alternatif itu dijadikan sebuah proses yang harus didukung oleh semua pihak.  

"Sehingga ada proses produksi yang dilaksnakan oleh kelompok Bumdes ini untuk lana bango, agar masyarakat Sangihe dapat membeli hasil produksinya," ungkap Gaghana.

Bupati menambahakan, dirinya sudah mengintruksikan agar seluruh jajaran ASN Pemkab Sangihe harus membeli dan menggunkan lana bango.

"Dijajaran Pemkab saya juga sudah menginstruksikan seluruh ASN, harus menggunakan lana bango tidak lagi menggunakan minyak pabrik," tutupnya. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Jumat, 28 Juni 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional