Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Bawaslu Boltim Gelar Sosialisasi Evaluasi Pengawasan Pasca Pemilu

Bawaslu Boltim saat menggelar Sosialisasi Evaluasi Pengawasan Pasca Pemilu 2019.

Boltim, detiKawanua.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar kegiatan sosialisasi dan evaluasi pengawasan partisipaif bersama media massa pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019.

Pimpinan Bawaslu Boltim, Soesanto Mamonto mengatakan, kegiatan ini bertujuan penguatan lembaga Bawaslu semua jajaran.

"Semua jajaran Bawaslu tentu sudah memiliki pengalaman terkait pengawasan partisipatif. Sehingga, hal-hal yang sudah dilakukan harus ditingkatkan guna menghadapi pesta demokrasi selanjutnya yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang," jelasnya.

Lanjutnya, pengawasan oleh Bawaslu tidak lepas dari peran media yang turut mengawasi lembaga dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

"Kritik membangun yang selama ini dilakukan oleh media, memperkuat Bawaslu," ucap Soesanto kepada sejumlah awak media, Senin (24/06) siang tadi.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu, Hariyanto menambahkan, seluruh Pengawas Kecamatan (Panwascam) memasukan laporan terkait hasil temuan pelanggaran yang diselesaikan di tingkat kecamatan.

"Laporan temuan pelanggaran sudah harus dimasukkan. Sehingga, laporan inilah menjadi bukti jika Panwascam melaksanakan tugas dan fungsi di masing-masing wilayah," tegasnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Boltim, Harmoko Mando menuturkan, penguatan Bawaslu terus dilakukan apalagi menjelang tahapan Pilkada 2020 nanti.

"Tinggal menunggu Juknis terkait seleksi Panwascam. Sebab, massa kerja Panwascam periode ini segera berakhir," tambahnya.

Sebelumnya, Pimpinan Bawaslu Sulut, Kenly Poluan mengatakan, evaluasi pengawasan yang dilakukan menjadi barometer Bawaslu menghadapi Pilkada.

"Ini menjadi catatan-catatan Bawaslu, sehingga evaluasi ini jadi barometer dalam menghadapi Pilkada nanti," kata Kenly.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 24 Juni 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional