Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Peringati Hardiknas, Ini Pesan Kepala Dikbud Boltim

Kadis Dikbud Boltim, Yusri Damopolii.

Boltim, detiKawanua.com - Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Kamis (02/05/2019), sukses diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Peringatan Hardiknas ini adalah sebuah momentum yang sangat bersejarah dan berpengaruh dalam dunia pendidikan.

"Kota peringati Hardiknas, sebab sangat berpengaruh pada sistem pendidikan, dunia pendidikan, hingga pembelajaran untuk bagaimana kita mengembangkan mutu kualitas pendidikan, khususnya di Kabupaten Boltim yang sama kita cintai ini," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Yusri Damopolii.

Dalam momen ini, selaku pemerintah, dalam rangka mempersiapkan generasi yang betul-betul berkualitas kita harus mendidik atau mengajarkan anak anak kita (siswa-siswi) tentang ilmu pengetahuan disekolah. Di samping itu, juga para pendidik mampu membentuk pribadi siswa yang berbudaya, beretika baik dan bermoral baik pula.

Yusri Damopolii foto bersama staf Dikbud Boltim. 

"Konteks kualitas dimaksud, yakni jika dikaitkan dengan peserta didik atau siswa-siswi pada dasarnya bahwa para insan pendidik (guru-red), itu tidak sekedar mengajarkan soal ilmu pengetahuan pada mata pelajaran akan tetapi, mampu memberikan atau membentuk pribadi siswa yang bermoral, etika serta berbudaya. Artinya, dalam pendidikan yang maksimal yang dinilai berhasil harus sejalan juga dengan nilai-nilai budaya, sebab dengan hal ini maka nilai etika dan moral pada diri siswa-siswi itu bisa dipastikan akan terbentuk guna masa depan mereka. Karena merekalah generasi penerus yang nantinya bakal mengisi pembangunan, dari berbagai sektor dan aspek positif sesuai, dengan kompetensi ilmu yang mereka dapatkan," papar Yusri saat bersua awak media ini, usai upacara peringatan Hardiknas pagi tadi.

Lanjut dikatakannya, kepada siswa-siswi, baik dari tingkatan bawah PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK  untuk menghadapi perkembangan zaman, sangat dibutuhkan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Nah, tentu yang terpenting bahwa para peserta didik harus meningkatkan kompetensi diri, keterampilan belajar dengan ilmu pengetahuan disekolah baik moral, etika, sosial, budaya dan ilmu pengetahuan lainnya.

Upacara Peringatan Hardiknas 2 Mei 2019 di Boltim. 

"Kepada para guru pendidik, di samping mendidik dengan ilmu pengetahuan, mari kita didik anak-anak kita dengan hati agar mereka bisa peka terhadap moral, etika, dan ilmu pendidikan yang pada hakikatnya kelak mereka akan menjadi berkualitas dimasa akan datang. Marilah kita mendidik dengan rasa bukan dengan kasar," katanya.

Yusri menambahkan, guna meningkatkan SDM para pendidik, pihaknya berencana menggelar Bimbingan teknik (Bimtek) mata pelajaran sesuai kapasitas ilmu dimiliki guru dimaksud. Kita datangkan pemateri yang berkompeten.

"Untuk warga belajar, siswa-siswi, kita lihat berbagai lomba mata pelajaran, olahraga, dan seni budaya. Nantinya, kita lakukan pendampingan kepada siswa juara yang telah lolos di tingkat kabupaten. Dengan adanya pendampingan maka, prestasi akan naik. ketika mengikuti lomba tingkat provinsi dan nasional, mereka sudah ada kesiapan yang matang," ungkap Yusri pagi tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 02 Mei 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional