Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Peringati Hardiknas, Bupati Ajak Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan

Bupati Boltim saat memimpin Peringatan Hardiknas 2019.

Boltim, detiKawanua.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dirangkai Hari Buruh Nasional dan Apel Korpri pada Kamis (2/05/2019) pagi tadi, tepat di lapangan Kantor Bupati Boltim.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar SH dan dikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda Boltim, para Camat, Kepala desa (Sangadi-red), beserta siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, melalui momentum Hardiknas ini marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang dinilai semakin kompetitif.

"Pendidikan karakter dimaksud, untuk membentuk insan berakhlak, mulia, sopan-santun, bertanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membelai keterampilan dan kecakapan disertai juga dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah," ujar Bupati.

Saat ini peserta didik kita, kata Bupati, didominasi generasi yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah menyerap teknologi baru.

"Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan yakni keluarga, sekolah dan masyarakat. Nah, ketiganya harus saling mendukung dan menguatkan," ucapnya.

Pemerintah saat ini sedang membangun Sumber Daya Manusia (SDM), di sinilah kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itu, tema Hardiknas tahun 2019 adalah 'Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan'. Ini merupakan pesan penting Ki Hajar Dewantara mengenai hubungan pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan, yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya SDM yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

"Dalam prespektif Kemendikbud menekankan dua penguatan yaitu, pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik dan terampil. Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar, menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis," jelas Bupati.

Bupati juga menuturkan, selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan terus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Saya mengucapkan, selamat Hari Pendidikan Nasional.

"Semoga Tuhan Yang Maha Mulia senantiasa meridhoi ikhtiar kita guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara kita yang tercinta ini," kata Bupati sembari mengaminkan.

Di akhir sambutannya, Bupati menambahkan, hari ini juga kita peringati Hari Buruh Internasional (May Day) Tahun 2019, dengan tema 'Together We Grow'. Secara esensial mempunyai makna mendalam hari buruh sejak diperingati 1 Mei tahun 1890 bagi seluruh pekerja yaitu memberikan pelajaran dan semangat perjuangan yang begitu berharga bagi seluruh pekerja, untuk mampu menghadapi perubahan serta tentangan sejauh mana pekerja mampu untuk menghadapi persaingan tenaga kerja.

"Mari kita jadikan peringatan hari buruh internasional ini, sebagai momen untuk mamantapkan senergi pekerja, pengusaha dan pemerintah dalam mewujudkan kondusifitas serta produktivitas kerja untuk mensejahterakan masyarakat. Saya ucapkan, Selamat Hari Buruh Internasional,"  tutur Eyang, sapaan akrab Bupati Boltim.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 02 Mei 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional