Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

"Papanuhung Santiago Tampungan Lawo" Nama Baru dari Pandopo Tahuna

Tahuna, detikawanua.com - Pasca syukuran dua tahun kepemimpinan pemerintahan JEG - HH, prestasi dan capaian pembangunan dari berbagai bidang yang dipaparkan oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana. Penyamatan nama rumah jabatan bupati Sangihe yang dulu disebut dengan nama Pandopo, sejak Rabu (22/5) pekan lalu, berganti nama menjadi "Papanuhung Santiago Tampungan Lawo".

Penyamatan nama Papanuhung Santiago tidak hanya dengan legitimasi hukumnya secara tertulis, namun khas ritual adatpun menghiasi sudut dan tiang rumah jababatan bupati dengan syair Sasambo dibarengi dengan lantunan irama tagonggong.

Pada kesempatan itu Bupati Jabes Ezar Gaghana di dampingi oleh Wakil Bupati Helmut Hontong, tengah melakukan pengolesan air sebagai simbolis sebagai penyamatan di setiap tiang Papanuhung Santiago yang di pandu salah satu tokoh adat.

Pada penjelasannya Gaghana mengatakan bahwa hal ini adalah wujud eksistensi budaya untuk mengembalikan jati diri masyarakat Sangihe sebagaimana disesuaikan tema yaitu "Kembalikan SangiheKu".

"Penggunaan nama Papanuhung Santiago Tampungan Lawo, beberapa minggu lalu, saya sudah diskusikan dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, jika, ketika memulai sesuatu itu harus dari dasarnya," kata Gaghana.

Sehingga dijelaskan, bahwa bahasa "Papanuhung Santiago Tampungan Lawo" ini diberikan nama secara langsung menggunakan bahasa Sangihe, karena Pandopo itu bukan bahasa Sangihe.

"Tidak mengurangi rasa hormat pada pemimpin kita sebelumnya, tetapi karena konsistensi kita membuat Sangihe untuk dikembalikan semua memulai harus dari dasarnya"jelasnya.

Lanjut kata Gaghana, tokoh-tokoh adat, pelaku adat untuk disepakitilah penamaan Pandopo menjadi "Papanuhung Santiago Tampungan Lawo", agar ke depan ketika semua berkumpul di tempat ini, sudah tidak lagi menggunakan nama pandopo.

"Tidak sulit kita menggunakan kata tersebut. Jadi, bagi saudara-saudara semangat ini adalah semangat kita semua. Diresmikannya penggunaan nama ini, dari sinilah kita memulai sebagai orang Sangihe," kuncinya. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 27 Mei 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional