Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Liwutung Dua dan Lowatak, Dua Desa Asal Mitra Tembus Bursa Inovasi Nasional


Maxi Alou Korkab P3MD Mitra

Mitra,detiKawanua.com - Inovasi sejumlah desa di kabupaten Minahasa (Mitra) dengan memanfaatkan Dana Desa (Dandes) mulai membuahkan hasil dengan masuknya dua desa yakni desa Lowatak dan liwutung dua dalam program menu inovaso desa tingkat nasional.

Hal tersebut diperkuat dengan turun langsungnya tim dari kementrian desa yang membidangi Program Inovasi desa.

" iya, konsultan nasional program inovasi desa sudah datang ke Mitra dan memgunjungi salah satu desa yang masuk nominasi yakni desa liwutung dua kecamatan pasan dan karena kebetulan cuaca tidak mendukung, Tim tidak berkesempatan mengunjungi desa lowatak yang ada di touluaan selatan," jelas Maxi Alow Korkab P3MD Mitra.

Lebih lanjut alou mengatakan, dua inovasi yang masuk dari Mitra masing masing untuk desa Liwutung Dua yakni pembuatan kecap dengan memanfaat air buah kelapa sedangkan untuk desa lowatak yakni peningkatan proksi cap tikus menjadi bioetanol untuk farmasi.

" biasanyakan cap tikus hanya untuk moras sekarang ditingkatkan kadarnya untuk farmasi dan sudah ada di buat antiseptik dan ini bisa di tingkatkan untuk BBM," jelas alou.

Tim Konsultan Nasional di desa Liwutung dua

Dirinya juga mengatakan inovasi yang ada di mitra kali ini sudah disandingkan dengan inovasi yang ada di daerah lain dan memuaskan untuk hasil yang ada dan ini juga bukti pengoptimalan dana desa.

" mitra masuk 10 besar dan tentunya ini juga menjadi dorongan bagi desa lain untuk terus berinovasi kedepannya,maka desa desa  harus banyak mencari referensi," ucapnya


Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Sabtu, 25 Mei 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional