Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Gaghana :Pulau Terluar Jadi Perhatian Khusus

Tahuna, detikawanua.com - Dua tahun kepemimpinan Bupati Jabes E Gaghana SE ME yang konsisten dengan melakukan berbagai terobosan guna untuk mensejaktraka masyarakat Kabupaten Sangihe yang lebih khusus lagi di tiga pulau terluar dikecamatan Marore hal ini yang dikatakan oleh Bupati Sangihe saat menyampaikan sambutan di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo ( PASTAL )  Rabu (22/5/19).

Dalam kesempatan tersebut, Gaghana yang didaulat sebagai Bupati pilihan rakyat, dalam perayaan dua tahun kepemimpinan mengangkat tema "Kembalikan Sangihe".

Gaghana menekankan bahwa dipulau terluar hasil perikanan dan kelautan sangat besar untuk itu perikanan harus diarahkan pada industri yang produktif sehingga dapat membuka lebih banyak peluang kerja dan menjadi industri yang berkelanjutan. Ia menambahkan, hal itu salah satunya dapat dilakukan dengan menggabungkan perikanan dengan industri pariwisata.

Menurutnya, gagasan ini dapat menjadi alternatif solusi atas sumber daya ekstraktif yang dapat terus menyusut dalam rangka mensejaktrakan saudarah kita di tiga pulau terluar.

"Kita harus bersama - sama untuk mewujudkan apa yang kita rencanaka kedepan, kita dorong dan memberikan perhatian untuk tiga pulau terluar sektor perikanan harus diarahkan kepada industri yang memiliki karakter produktif

"Semustinya, kita sudah mulai merencanakan membangun industri dipulau terluar ditunjang dengan hadirnya PLN, yang karakateristiknya produktif dan tentunya berkelanjutan (sustainable). Kalau tidak  keberlanjutan, tentu umur industri itu hanya akan bertahan sebentar saja," ujar Gaghana

Di sisi lainnya, Gaghana memberikan dorongan kepada para pelaku usaha 
perikanan dalam maupun luar untuk berinfestasi di Kabupaten sangihe, Ia menyatakan, upaya pemerintah, saat ini adalah sebagaimana warga ditiga pulau terluar dapat menjual hasil perikanan ke Negara tetangga, dan ini adalah harapan pemerintah daerah yang akan disampaikan kepada pemerinta pusat. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 23 Mei 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional