Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Ferry Liando : " Dominasi PDI-P - GOLKAR jadi Penentu Pilkada Minsel Kedepan



Pasca Pemilu Serentak , Nama-nama besar Calon Bupati Minsel " Menguak "

MINSEL, DETIKAWANUA.COM - Pesta Demokrasi Pemilihan Umum 17 April 2019 sudah berlalu bahkan hasil dari Pemilihan Legislatif dan Eksekutif ( DPR dan Presiden/wapres ) sudah bisa diketahui sesuai Pleno KPU pada perhitungan Berjenjang dan tinggal tunggu Pengumuman resmi oleh KPU secara keseluruhan.

Namun efek dari Pemilu Serentak tersebut membawah para tokoh politik , tokoh masyarakat Minsel kembali menggaungkan langkah politik minsel kedepan baik Pilkada Minsel juga ke Tingkat Provinsi, sepertinya mengarah dan terfokus pada dua kekuatan politik besar yakni PDIP dan Golkar.

Ketua Konsentrasi S2 Tata Kelola Pemilu Unsrat, Ferry Daud Liando Selasa ( 21/05/2019 ) menilai Selain mendominasi perolehan suara pemilu 2019, kedua parpol ini memenuhi syarat mengusung calon kepala daerah. UU nomor 10 thn 2016 tentang Pilkada menyebutkan bahwa suara parpol mengusung calon kepala daerah adalah parpol yang memiliki 20 persen kursi dari jumlah total kursi di DPRD atau setara dengan 25 persen suara hasil pemilu.

" Dengan hasil maksimal dari PDIP dan Golkar maka kemungkinan yang bisa terjadi pada Pilkada 2020 adalah :
Pertama, jika PDIP dan Golkar berkoalisi maka pemenang Pilkada sudah langsung ketahuan sebelum kompetisi di mulai.
Kedua, jika Pun PDIP atau Golkar akhirnya tidak berkoalisi dan saling berhadapan maka sulit memprediksi calon dari  parpol mana dari keduanya yang bisa dominan. " jelas Liando

Ferry menambahkan Kemungkinan besar yang akan menentukan siapa Wakil kepala daerah yang bisa dipaketkan. Jika nama2 yang muncul seperti pak Franky D Wongkar , yang bakal diusung PDIP dan Mikhaela E. Paruntu yang akan diusung Golkar, maka kompetisi ini sangat seimbang.

Namun Liando tak menampik jika kekuatan dari keduanya Akan sangat ditentukan oleh pasangan mereka. "Salah memilih pasangan sebagai calon wakil kepala daerah maka akan terancam. Jadi kunci pemenangan dari keduanya adalah sangat ditentukan oleh dan dengan siapa mereka berpasangan." maka Tokoh-tokoh dari wilayah bagian selatan minsel kemungkinan akan menjadi incaran dari dua calon ini.

Adapun pembicaraan di Rumah Kopi Topas Amurang beberapa Tokoh Politik dan tokoh masyarakat mengisyaratkan jika Pasangan MEP-VGMI ( Verna G.M Inkiriwang ) akan bertemu maka Paslon ini menjadi ancaman Paslon lain.Ucap para tokoh minsel sembari sahut - sahutan dengan kenikmatan kopi susu Topas Amurang
( Vandytrisno )

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 21 Mei 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional