Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Wagub Ingatkan Pemdes di Mitra, Manfaatkan Dandes Seperti Instruksi Presiden


Mitra, detiKawanua.com - Penggunaan Dana Desa (Dandes) agar bisa sebaik mungkin hingga bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat serta dandes tersebut jangan hanya sebatas sambillalu, prosesual, teatrikal untuk menghabiskan dana saja atau ada output tapi tidak ada outcome. Demikian diingatkan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat sambutan pada kegiatan sosialisasi tentang Penggunaan Dana Desa Kerjasama Antara Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) bertempat di Aula Serbaguna Kantor Bupati Mitra.

"Peruntukannya harus jelas! Para hukum tua (Kepala Desa) harus pahami substansi diadakanya dana desa dimana untuk memotong alur birokrasi, agar dana tersebut dapat cepat sampai ke masyarakat yang sesuai dengan program pembangunan Presiden RI (Joko Widodo) yang harus digunakan untuk kemakmuran desa," terang wagub dihadapan para perangkat desa, camat serta ASN lingkup Pemkab Mitra.

Disisi lain, wagub mengakui efektifitas Dandes di Sulut hanya 55 persen.

"Idealnya adalah, dana desa harus bergulir sustainable, harus jelas peruntukannya dan dirasakan efeknya berjangka panjang bagi masyarakat," ujarnya seraya mengatakan suksesnya suatu pemerintahan dan penggunaan dana desa tepat sasaran, para perangkat desa harus terus membenah diri untuk mampu bersaing.

"Seluruh penyelenggara pemerintahan harus memberikan diri bergerak maju demi pembangunan daerah yang baik dan bersih. Para penyelenggara pemerintahan harus memiliki integritas, loyalitas dan prestasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara," sebut Kandouw.

Hadir mendampingi Wagub Kandouw saat itu yakni, Bupati James Sumendap, Wabup Joke Legi, jajaran ASN pejabat Pemkab Mitra, BPKP, IPDN Kampus Sulut bersama pemerintah kecamatan dan desa.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Selasa, 09 April 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional