Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Tarif Tiket Kapal Cepat KM. Majestik Kawanua Dikeluhkan Warga

Tahuna, detikawanua.com - Dapat dikatakan harga tarif tiket kapal cepat KM. Majestik Kawanua sangat mencekik leher. Pasalnya, tarif dengan pelayaran menempuh Kahakitang-Tahuna, dengan jarakanya hanya memakan waktu satu jam dipatok pihak managemen/pengelolah kapal sebesar Rp.150.000 (dewasa) dan Rp.140.000 (anak-anak)paten dikususkan harga kelas eksekutif.

Tentu harga tiket ini kata salah satu warga, Vine David, harga yang bukan main-main di kalangan masyarakat pesisir pulau Kahakitang, kecamatan Tatoareng, kabupaten Kepulauan Sangihe, yang notabene ekonomi warga pulau Kahakitang sangat jauh dibanding dengan warga di perkotaan.

"Seharusnya Kahakitang dan sekitarnya mendapat subsidi dari tiket kapal tersebut, ini malahan mematok tidak sesuai dengan kondisi pendapatan warga pesisir kalangan bawah di pulau Kahakitang,"ujarnya.

Dirinya mengatakan, kalau tiket kapal cepat KM. Majestik Kawanua, rute Kahakitang-Tahuna sebesar Rp. 150.000. Padahal kata david, begitu mahal, tidak  pernah disediakan konsumsi. Kalau dibandingkan, kata David, Harga ini sama dengan harga kapal malam Tahuna-manado.

Diklarifikasi kepihak Cabang, Jumat, (5/4/2019) PT.Pelayaran Lintas Putra Utara (Majestic Kawanua) Tahuna, Jonny mengatakan, untuk perhitungan tarif tiket kapal Majestic Kawanua pihaknya sudah memperhitunkan dari segala macam sisi biaya. Termasuk, setiap kali sandar  mereka harus membayar. Terus menurutnya jadwal mereka hanya satu minggu satu kali masuk.

"jadi, cost baik itu dari sisi konsumsi, solar dan sebagainya Kami sudah memperhitunkan ke dalam semua," kata Jonny.

Menurut kepala cabang ini, jika melihat undang-undang (UU) di dalam, semua penumpang yang ada di dalam kapal wajib memiliki tiket. Tetapi mereka mempunyai kebijakan sendiri yaitu tidak membebankan tiket pada anak-anak lima tahun ke bawah.

"Semua sudah terproteksi dalam jasa raharja itu biaya yang kami bayar. Jadi setiap kami melakukan cost biaya semua dihitung di situ," ujar dia.

Lanjut dikatakannya, Bagi anak di bawah lima tahun mereka masih mengambil langkah kebijakan untuk memberikan free tiket. Sedangkan di atas lima tahun pihak kapal memberikan tiket dengan selisih dewasa dipotong 10ribu. Misalnya dewasa Rp. 150.000 anak-anak di atas lima tahun dan dibawah 12 tahun sebesar Rp.140.000.

"Jadi, kalau kami mengacu kepada UU kami tagih semua. Akan halnya kami mempunyai kebijakan seperti itu" ujarnya.

Dia pula menambahkan, kalau Sebenarnya awal majestik beroperasi tidak membuka untuk kelas ekonomi termasuk hanya membuka kelas eksekutif dan VIP.

"Karena permintaan masyarakat untuk membuka kelas ekonomi, kami buka. Makanya kami membuka 24 sif, dan itupun hanya jalur Tahuna - Manado PP. Selanjutnya Siau, Taghulandang itu tidak ada kelas ekonomi. Dan  Kahakitang dibuka kelas eksekutif untuk Kahakitang-Manado," pungkasnya. (js)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 08 April 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional