Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Di Sulut, Netralitas Jurnalistik Dalam Pemberitaan Pemilu 2019


Manado, detiKawanua.com - Tinggal sehari pelaksanaan Pemilu 2019 (Pilpres dan Pileg) pada tanggal 17 April, oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Sulut, Senin (15/04) siang tadi menggelar pertemuan kemitraan bersama media di Kantor Gubernur yang dihadiri pihak Bawaslu Sulut, dengan tujuan pelaksanaan melalui Sekertaris KIPS Sulut, Febe Damogala bahwa, kegiatan ini menjadi pemahaman bersama dalam keterbukaan informasi, sebagaimana soal transparansi pemberitaan dalam mengawal pembangunan daerah bersama pemerintahan. Dalam hal ini juga sekaligus bisa saling sharing bertukar informasi, sehingga dengan agenda penting ini bisa dalam penetralisir bagi masyarakat melalui pemberitaan.

Melalui Kepala Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda dalam penyampaiannya, Pemilu itu untuk satu suaranya sangat penting dan berharga bagi keberlangsungan daerah bangsa dan negara.

"Kami menghimbau untuk satu suara ini tidak bisa dimanipulasi melalui sistem, itu kami kawal," ungkapnya.

Untuk pers ini menurutnya berperan sebagai penyambung informasi kepada masyarakat melalui media pemberitaan.

"Sebagaimana pentingnya kegiatan ini, kiranya kita bisa bersama-sama mengawal informasi agar tidak membuat keresahan bagi masyarakat," terang Malonda.

Ini masa tenang, kami berharap kepada media jika dalam media masih ada iklan kampanye agar dihentikan karena batasnya sudah sejak tanggal 13 April kemarin.

"Jika ada yang memasang itu kami tindaki sebagaimana aturan berlaku. Ini kami sampaikan kepada teman-teman media untuk bisa memperhatikan hal penting yang berbunungan dengan media," jelasnya, sembari menambahkan juga tentang pemberitaan dengan rekam jejak profil bagi peserta Pemilu untuk menghindari hal-hal yang terkait dengan Pemilu.

"Bagi pemilih yang telah terdaftar DPT dan DPTB tapi tidak memiliki surat kertas suara itu bisa memilih menggunakan KTP dari jam 07.00 pagi hingga 13.00 siang," tambah Malonda.

Hadir juga narasumber lainnya seperti, Max Rembang.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 15 April 2019

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional