Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

BPBD Boltim Lakukan Kegiatan Menanam Ratusan Pohon

Sekda Boltim saat membuka kegiatan sosialisasi kebencanaan dan penanaman ratusan pohon.

Boltim, detiKawanua.com - Pelaksanaan sosialisasi kebencanaan dan kegiatan penanaman pohon sukses dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim),  Senin (25/04/2019) hari ini, bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, pada (26/04/2019) besok. Kegiatan tersebut, dibuka resmi oleh Sekretaris daerah (Sekda) Ir. Hi. Muhammad Assagaf mewakili Bupati Boltim, dihadiri Asisten II, sejumlah kepala-kepala SKPD lingkup Pemda Boltim.

Para peserta sosialisasi dan penanaman pohon.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan, kegiatan ini sangat positif karena pentingnya bagi kita semua untuk melakukan penghijauan melalui kegiatan tanam pohon. Saya minta agar di hari kesiapsiagaan nasional ini, dapat direalisasikan melalui gerakan penanaman pohon dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh komponen masyarakat. Berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungannya yang baik dan lestari.

"Membangun kebiasaan menanam menjadi kebutuhan secara berkelanjutan, kepada warga masyarakat dalam mensukseskan kegiatan ini agar mulai menanam dari pekarangan. Semoga kegiatan ini mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap masyarakat guna kelestarian hutan dan lingkungannya," ucap Sekda.

Asisten II Pemkab Boltim Sonny Waroka saat menamam pohon. 

Lanjutnya setiap siswa-siswi yang lulus harus menanam 10 pohon. ini instruksi Bupati. Dan hutan kota, akan dijadikan hutan wisata namun  harus menjadi lingkungan yang asri. Nanti, kita anggarkan. Aktivitas menghijaukan adalah kewajiban kita semua, bukan hanya pemerintah. Peran kita sebagai motivator untuk edukasi, namun kegiatan penghijauan adalah tanggung jawab bersama. Sebab banyak hutan kita sudah terlantar dan rusak dirambah. Mari kita mencintai hutan. Mari kita menanam," kata Sekda menutup sambutannya.

Tujuan kegiatan penanaman ratusan jenis pohon ini, kata Kepala BPBD Boltim, Drs. Elvis H Siagian MSi, bahwa untuk peningkatan kesadaran masyarakat dan anak sekolah tentang bencana serta penghijauan dengan adanya penanaman berbagai jenis pohon (bibit-red).

"Kita lakukan sosialisasi peningkatan pemahaman tentang kebencanaan. Kedua, dilakukannya penanaman pohon," kata Elvis.

Kaban BPBD Boltim Elvis Siagian dan Kabid Yanto Modeong sedang menanam pohon.

Dia menambahkan, kita ikut sertakan 10 peserta Komunitas Pecinta Alam (KPA) di kecamatan Tutuyan, siswa-siswi SMPN 1 Tutuyan 30 peserta, SMPN 2 Tutuyan 30 peserta, SMA 30 peserta dan SMK juga 30 peserta," papar Elvis.

Senada dikatakan Kepala bidang (Kabid) Kesiapsiagaan Pencegahan Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Boltim, Yanto Modeong ST. Menurutnya, dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, kita melakukan penanaman bermacam bibit pohon kenari, kemiri, Nanti serta cempaka untuk mangrove.

"Jumlah pohon ada sekitar 500 bibit. Kita harapkan, kepada warga masyarakat untuk bagaimana kita cinta lingkungan yang asri. Kita tanam pohon kemiri dan kenari, sebab nilai ekonominya akan berdampak juga kepada kita manusia," jelas Yanto.

Diketahui, penanaman bibit pohon oleh BPBD Boltim terdapat di dua titik, yakni di hutan kota belakang kantor Bupati dan di seputaran pesisir pantai Tutuyan.

‌(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Kamis, 25 April 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional