Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Gandeng RAL Manado, LPTQ Sulut Luncurkan Program Rumah Tahfidz di Maasing

Foto bersama usai peluncuran Rumah Tahfidz di Maasing.

Manado, detiKawanua.com - Setiap muslim dianjurkan agar mampu memahami hal-hal yang terkandung di dalam al-Qur’an, serta fasih dalam membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tuntunan syariat dan sunnah.

Untuk mengaplikasikannya di Sulawesi Utara (Sulut), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sulut bekerja sama dengan radio RAL FM Manado meluncurkan program Rumah Tahfidz pada Minggu (11/3/2019).

Ketua LPTQ Sulut Hi Herson Mayulu SIP yang diwakili Sekretaris LPTQ Sulut DR Abdur Rahim MPd, dalam sambutannya mengatakan, peluncuran program Rumah Tahfidz ini salah satu tujuannya yaitu memberikan pencerahan kepada umat dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan al-Qur’an.

"Al-Qur’an merupakan pedoman bagi segenap umat Islam dalam melaksanakan berbagai aktivitas ibadah, baik yang bersifat mahdoh maupun ghair mahdoh. Karena itu bersungguh-sungguh dalam mempelajari al-Qur’an guna mampu memahami dan mengamalkannya, merupakan ibadah yang sangat penting," jelasnya saat peluncuran Rumah Tahfidz di Kompleks Pakoba, Kelurahan Maasing Lingkungan IV, Kecamatan Tuminting.

Lanjutnya, dengan peluncuran Rumah Tahfidz ini, warga Sulut khususnya Kota Manado yang ingin anak-anaknya menjadi Hafidz Qur'an, tidak perlu menyekolahkan ke luar daerah.

"Selama ini warga Manado harus ke Gorontalo atau Balikpapan. Dengan diluncurkan program rumah Tahfidz, hal itu tak perlu lagi kita lakukan," ujarnya.

"Saya berharap warga Manado dan Sulawesi Utara mendukung program ini. Karena kami tidak bisa apa-apa tanda bantuan masyarakat. Dan bila program ini berjalan dengan baik, saya yakin Kelurahan Maasing ini akan menjadi Cahaya bagi Sulawesi Utara," pungkasnya.

Sementara General Manager RAL FM Syarif Darea menjelaskan, program ini lahir dari hasil pembicaraan bersama dengan Ketua LPTQ Sulut Hi Herson Mayulu, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, dengan demikian program ini menjadi wujud kepedulian yang tinggi, dan niat baik terhadap umat, dari Hi Herson Mayulu sebagai Ketua LPTQ.

"Niat baik apapun tanpa ada dukungan, tidak akan memberikan hasil yang maksimal, untuk itu kami berusaha semaksimal mungkin berbuat yang terbaik bagi kepentingan umat lewat Program Rumah Tahfidz," terangnya.

Dia mengungkapkan, program Rumah Tahfidz bertujuan memberikan pemahaman Al-Qur’an yang benar bagi anak-anak, bimbingan tajwid dan tahfidz Qur’an, serta bagaimana anak-anak bisa memahami Al-Qur’an dalam berbagai aspek kehidupan.

Sementara itu, tokoh muslim Maasing Irwan Tuna Karim mengapresiasi inisiatif Ketua LPTQ Hi Herson Mayulu dalam melahirkan program baik ini.

"Menjadi sarana pembinaan rohani sekaligus tempat membina anak-anak untuk mengaji," ujarnya.

Dia pun berharap, program ini nantinya bisa berjalan sesuai harapan, dengan mendapatkan dukungan seluruh masyarakat.

Sementara itu, tokoh Muslimat NU Sulut Nurhayati Daud mengaku sangat bersyukur dengan adanya program ini.

"Rumah Tahfidz adalah sebuah program yang sangat baik sebagai tempat belajar serta menghafal Al-Qur’an, sampai anak-anak itu berhasil, bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik, jangan sampai terhenti di tengah jalan," ujarnya.

Nurhayati berharap, program Rumah Tahfidz akan berjalan dengan aman, lancar, dan bisa membina generasi Qur’ani yang hafidz-hafidzah daiyah, memberikan pemahaman Al-Qur’an yang benar, serta bisa memberikan bimbingan tahsin dan tahfidz Qur’an.

"Insya Allah karena ini adalah program yang sangat baik, semoga bagi pengurus/pengelola Rumah Tahfidz menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan amanah. Tentunya kita semua berdoa, program ini bisa berjalan dengan baik," harap Nurhayati.

(Indra

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 11 Maret 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional