Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Wabup RD Canangkan Demplot Padi Pakai Phonska Petragonik, Pemkab Minahasa Siapkan Anggaran Untuk Pertanian

Minahasa, detiKawanua.com - Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey (RD) dalam menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan 'Tanam Perdana Demplot Padi Sawah menggunakan Phonska Plus dan Petragonik' di Desa Tincep Sonder, Jumat (08/02), mengatakan bahwa pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan.

“Dalam pelaksanaannya terutama di lapangan, kita selalu saja diperhadapkan pada permasalahan klasik. Untuk itu diperlukan kesamaan presepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronasi teknis program/kegiatan dalam rangka pembangunan pertanian ke arah yang lebih baik,” ungkap RD dalam kegiatan yang merupakan bentuk kerjasama antara Gapoktan Songkel bersama PT Petrokimia Gresik yang sebelumnya telah diawali dengan prosesi tanam padi bersama.

Lanjutnya saat menyampaikan sambutan Bupati Royke Oktavian Roring (ROR) itu, Wabup juga mengingatkan bahwa stabilitas nasional erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat. Dan pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian terutama padi.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan di suatu daerah mutlak harus dipenuhi. Dalam rencana kerja pemerintah, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula, sementara ketersediaan lahan terutama lahan sawah semakin sempit yaitu dengan adanya alih fungsi lahan,” urai Wabup sembari mengungkapkan bahwa potensi sumber daya lahan pertanian di kabupaten Minahasa cukup strategis yaitu mencapai 75.000 Ha, yang terbagi atas luas lahan sawah sebesar 5.500 Ha. Dimana luas sawah di kecamatan sonder 363 Ha sedangkan luas lahan sawah lokasi tanam hanya 84 Ha.

Menurutnya pula bahwa kegiatan bersama dengan 10 kelompok tani dan difasilitasi BUMN Petrokimia Gresik itu seluas 5 Ha, yang kedepannya diharapkan kepada seluruh kecamatan Sonder bahkan Seluruh kecamatan di kabupaten Minahasa yang memiliki potensi padi sawah dapat dibantu dibuatkan demplot untuk petani.

“Di samping itu pula penggunaan teknologi dalam pengelolaan hasil pertanian kiranya dapat dimanfaatkan demi meningkatkan produktivitas hasil-hasil pertanian,” terang RD seraya menambahkan pada Tahun 2019 ini pemerintah Kabupaten Minahasa telah mengalokasikan anggaran untuk menunjang potensi pertanian.

“Khusus di kecamatan Sonder dialokasikan untuk 26 kelompok tani berupa bibit padi sawah sejumlah 150 Ha serta beberapa bantuan lainnya yang sejalan dengan visi kami yang terwujudnya minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera dan selanjutnya dijabarkan dalam Misi Mewujudkan Kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian perikanan dan pariwisata. Adapun dengan tersedianya semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan, juga harus didukung dengan sumberdaya manusia yang handal seperti, unsur teknis dari Dinas Pertanian untuk membimbing dan membina masyarakat khususnya petani," pungkasnya.

Adapun diakhir kegiatan, melalui Wabup RD bersama pihak PT Petrokimia Gresik, telah menyerahkan hadiah undian doorprize kepada masyarakat berupa hand Sprayer dan paket Pestisida.

Turut dihadiri oleh Mewakili direksi PT. petrokimia Gresik Trudo Nainggolan, Junianto Simaremare, Asep Sagpul Muslim, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Chintia Keintjem, Kadis Pertanian, Suhban Torar, Camat Sonder, Rouldy Mewoh, Kapolsek Sonder IPTU Stenly Korua, Danramil Sonder Peltu Donny Pasiowan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Janny Moniung, Kadis Pekerjaan Umum Novry Lontaan, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs Moudy L Pangerapan, Kabag TUP dan Keuangan Setdakab Minahasa Lonna O. K. Wattie, Hukumtua Sonder, Ronny Dapu, Gabungan Kelompok Tani Songkel Sonder, para petani se-Kecamatan Sonder bersama tokoh masyarakat.

(IsJo/Nta)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 08 Februari 2019

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional