Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Wabup Minahasa Ini Turut Selamatkan Lingkungan Ekosistem Laut Manado

Manado, detiKawanua.com – Turut serta hadir pada apel siaga peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 Tingkat Provinsi Sulut dengan berbagai kegiatan bersih-bersih pantai di Kawasan Megamas Manado pada Sabtu (23/02) pagi tadi, oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dihadiri langsung Wakil Bupati, Robby Dondokambey (RD) beserta sejumlah pejabatnya.

Pada kesempatan itu, Wabup RD terlihat tidak hanya mengikuti kegiatan seremonialnya saja namun juga turut serta memberikan kontribusi tenaga dengan membersihkan sampah yang berada di pesisir pantai kawasan itu menggunakan sapu.

Wabup ketika bersua dengan wartawan pun mengungkapkan, bahwa kehadirannya pada kegiatan yang diprakarsai Pemprov Sulut dan dihadiri Ibu Tri Suswati (istri Kapolri Jendral Tito Karnavian) yang juga Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI) bersama Gubernur Sulut (Olly Dondokambey) itu, merupakan bentuk dukungan dan sinergitas akan program pemerintah.

"Namun yang utama turut peduli akan lingkungan dengan menjaga ekosistemnya," terang Wabup, sembari mengatakan Pemkab Minahasa sangat mendukung akan aksi bersih-bersih lingkungan tersebut.

"Kami (Pemkab) juga tengah menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang masalah sampah nantinya akan dijadikan landasan hukum untuk meminimalisir bahaya lingkungan atas ancaman sampah terutama sampah plastik yang bisa mengancam perairan Kabupaten Minahasa," terangnya.

Adapun dalam sambutan Gubernur Olly sebelumnya memberikan apresiasi kepada segenap stakeholder yang hadir dan merespon kegiatan dimaksud karena sangat penting dan strategis.

"Marilah kita bersama-sama peduli dan pentingnya pengelolaan sampah, karena sumbernya dari manusia sebagai penghasil sampah. Pemprov Sulut selalu terus berupaya untuk menyosialisasikan pengelolaan sampah yang dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Artinya harus ada upaya untuk mengurangi, menggunakan kembali dan daur ulang sampah, dan ini juga harus diajarkan sejak dini sehingga kita tidak tertinggal dengan negara-negara maju yang telah lama menerapkan prinsip 3R dalam mengelola sampah,” ujar gubernur

Adapun pada kesempatan itu telah dilakukan deklarasi penandatanganan bersama tentang Mewujudkan Laut Bersih, Laut Indah Menuju Indonesia Bersih.

(Iz/*)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 23 Februari 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional